Cara Memasang NPM di Azure Function

Muhammad Arslan 11 Juni 2017

Cara Memasang NPM di Azure Function

NPM atau Node package manager, adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh Node.js untuk mengelola berbagai package yang diperlukan di dalam suatu aplikasi Node.js.

Karena Node.js menjadi salah satu bahasa pemrograman yang didukung oleh Azure Function. Maka untuk menggunakan berbagai modul Node.js harus menggunakan NPM terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena untuk berinteraksi dengan layanan Azure lain, Azure Function menggunakan Node.js membutuhkan berbagai library yang harus dipasang menggunakan NPM.

Pertama kita buka terlebih dahulu Kudu Console yang digunakan untuk meng-upload berbagai file tambahan untuk Azure Function. Untuk mengakses Kudu Console, kamu harus pergi ke URL berikut:

https://codepolitan-serverless-demo.scm.azurewebsites.net

Sesuaikan saja nama Azure Function pada URL diatas dengan Azure Function yang telah kamu buat.

Sekarang Buatlah package.json yang kamu butuhkan. Kalau belum ada, contohnya bisa kamu lihat seperti ini:

{
	name: "bootcamp-register",
	version: "0.0.0",
	private: true,
	dependencies: {
		tedious: "~2.0.0"
	}
}

Lalu masuk ke folder Azure Function yang akan diberikan package.json. Di contoh ini ada sebuah Azure Function dengan nama RegisterBootcamp. Sekarang kamu dapat meng-upload file package.json ke dalam Azure Function tersebut.

Image

Setelah package.json terpasang di dalam RegisterBootcamp, kamu dapat mengeksekusi perintah npm install di dalam direktori Azure Function tersebut.

Image

Untuk memastikan apakah modul Node.js yang diperlukan sudah terpasang atau tidak. Silahkan eksekusi npm list di dalam direktori tersebut.

Image

Sekarang mari ktia coba muat NPM yang bernama tedious yang telah kita definisikan di package.json, kita coba muat library tersebut di dalam kode Azure Function.

Image

Seperti itulah cara memasang NPM di Azure Function untuk Node.js. Untuk memperbaharui package.json, kamu cukup menulis ulang dan meng-upload package.json yang baru atau bila tidak ada error, kamu tinggal npm install saja di dalam Azure Function tersebut.