Cara Memilih Tutorial Pemrograman Untuk Pemula

Goo 9 Oktober 2022

Cara Memilih Tutorial Pemrograman Untuk Pemula

Seiring dengan berkembangnya teknologi, tidak dipungkiri minat maupun keinginan belajar pemrograman kian hari semakin meningkat. Hal itu dapat dilihat dari makin banyaknya bootcamp serta jurusan IT yang semakin banyak diminati. Selain itu, banyak juga yang memilih untuk mempelajari pemrograman secara otodidak melalui berbagai postingan tutorial youtube maupun social media lainnya. Tidak ada yang salah karena semuanya mendukung dalam proses pembelajaran itu sendiri, namun mungkin banyak dari kita yang bingung untuk memilih tutorial pemrograman apa yang tepat maupun efektif untuk menunjang proses pembelajaran tersebut.

Sebelum membahas cara memilih tutorial pemrograman, alangkah baiknya kita tahu dulu nih coders bagaimana tips untuk mulai belajar programming. Nah, berikut ini 10 tips yang disampaikan oleh creator sekaligus lecturer, Pak Sandhika Galih pada sebuah seminar nasional yang dilaksanakan secara online :

  1. Tentukan tujuan
  2. Siapkan mental dan mindset yang tepat
  3. Pilih Bahasa Pemrograman
  4. Cari jalur belajar dan sumber belajar
  5. Perkuat Fundamental
  6. Belajar Googling dan baca dokumentasi
  7. Berdamai dengan "error"
  8. Buat sesuatu dari hasil belajar
  9. Jangan belajar sendiri
  10. Kembalikan ilmu yang sudah didapatkan

Tips diatas tentunya akan sangat membantu bagi Anda yang baru mulai belajar programming. Lalu, bagaimana dengan cara memilih tutorialnya?. Hampir sama dengan yang disampaikan oleh Pak Sandhika Galih, berikut cara memilih tutorial pemrograman untuk pemula :

1. Tentukan Tujuan

Hal utama sebelum mulai mencari tutorial pemrograman adalah menentukan/menetapkan fokus pembelajaran pemrograman yang ingin dituju. Anda dapat memulainya dengan menentukan career path . Jika ingin berfokus pada web development, sebaiknya dimulai dengan html, css, dan Javascript. Namun jika berfokus pada database ataupun back-end, maka bisa mulai dengan SQL maupun bahasa pemrograman seperti PHP dan Python. Perkuat fundamental di bidang yang akan dituju, sebagai pemula sebaiknya dimulai dari bahasa yang mudah untuk dipahami atau belum terlalu kompleks. Fundamental yang kuat nantinya akan sangat membantu dalam belajar berbagai bahasa pemrograman. Memulai pembelajaran tanpa tujuan yang jelas, dikhawatirkan akan menyebabkan kebingungan kedepannya. Anda dapat mengunjungi https://roadmap.sh/ atau https://bit.ly/JalurBelajarWebWPU sebagai panduan dalam menentukan fokus tujuan pembelajaran yang diminati.

2. Research / Mencari tahu

Research disini adalah bagaimana kita mencari tahu tutorial youtube, akun sosial media atau online web tutorial apa yang konsisten memberikan ilmu terkait fokus/tujuan pembelajaran yang sebelumnya telah kita pilih. Jika ingin mulai belajar pemrograman melalui online web tutorial yang menampilkan materi secara menarik, mudah dipahami, dan dapat diakses secara gratis, Anda dapat mengunjungi W3School, FreeCodeCamp, Codepolitan dan lain-lain. Bergabung dengan komunitas programming juga akan membantu dalam menentukan alur pembelajaran maupun sebagai sarana tepat dalam meningkatkan motivasi belajar pemrograman.

3. Mulai belajar

Setelah menentukan tujuan dan mencari tahu sumber tutorial yang tepat, maka hal selanjutnya adalah mulai belajar. Lakukan secara konsisten dan cobalah untuk menerapkan setiap ilmu yang didapat (learning by doing). Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat menguasai struktur, algoritma, syntax, maupun hal yang mendukung lainnya dengan baik.

Kesimpulan

Langkah utama yang perlu dilakukan sebelum memilih tutorial pemrograman adalah mengetahui tujuan pembelajaran yang akan dituju. Setelah itu, pastikan untuk menerapkan setiap ilmu yang didapat untuk menghindari tutorial hell yang disebabkan oleh ketergantungan terhadap materi yang hanya disiapkan oleh konten yang ditonton.

Untuk rekomendasi akun youtube yang mengajarkan tutorial pemrograman akan dibahas pada post selanjutnya.

Demikian cara memilih tutorial pemrograman bagi pemula, semoga bermanfaat.