CodeIgniter 3.0 Akhirnya Dirilis

Bagus Aji Santoso 3 April 2015

CodeIgniter 3.0 Akhirnya Dirilis

Siapa yang tak kenal dengan CodeIgniter? Framework PHP yang satu ini bisa dibilang framework yang paling populer di Indonesia. Bahkan kampus tempat penulis belajar menggunakan CodeIgniter sebagai framework pilihan di mata kuliah Pemrograman Internet.

Selain ringan dan cepat, CodeIgniter juga memiliki dokumentasi yang super lengkap disertai dengan contoh implementasi kodenya. Dokumentasi yang lengkap inilah yang menjadi salah satu alasan kuat mengapa banyak orang memilih CodeIgniter sebagai framework pilihannya. Karena kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh CodeIgniter, pembuat PHP Rasmus Lerdorf memuji CodeIgniter di frOSCon (Agustus 2008) dengan mengatakan bahwa dia menyukai CodeIgniter karena “it is faster, lighter and the least like a framework.”

CodeIgniter pertamakali dikembangkan pada tahun 2006 oleh Rick Ellis. Dengan logo api yang menyala, CodeIgniter dengan cepat “membakar” semangat para web developer untuk mengembangkan web dinamis dengan cepat dan mudah menggunakan framework PHP yang satu ini.

Pada bulan Juli 2013, EllisLab mengumumkan bahwa mereka mencari pemilik baru untuk CodeIgniter karena internal mereka sendiri tidak memiliki cukup fokus untuk terus mengembangkan CodeIgniter. Akhirnya pada bulan Oktober 2014, kepemilikan CodeIgniter berpindah tangan kepada British Columbia Institute of Technology, salah satu sekolah tinggi teknologi di Kanada.

Setelah hampir lima bulan lamanya sejak peralihan kepemilikan, BCIT akhirnya merilis CodeIgniter 3.0. Pengumuman akan rilis baru ini disampaikan melalui forum.codeigniter.com. Apa saja yang baru dirilis 3.0 dan mengapa kita harus beralih ke versi 3.0 dibanding versi 2.x? Berikut ini beberapa perubahannya:

  1. Dibanding versi 2.x yang menggunakan Ellislab open source license, versi 3.0 dikembangkan dibawah lisensi MIT .
  2. Database driver-nya telah dikembangkan dan diperluas.
  3. PDO CodeIgniter kini telah berfungsi secara penuh dengan subdriver.
  4. Ada pustaka Session yang baru.
  5. Ada pustaka Encryption yang baru.
  6. Unit testing dan cakupan kode-nya kini telah diperluas dan ditingkatkan.
  7. Disarankan menggunakan PHP 5.4 atau yang lebih baru namun masih tetap jalan jika menggunakan PHP 5.2.4.
Daftar perubahan lengkap diversi 3.0 dapat anda baca di changelog 3.0. Jika anda sekarang masih menggunakan versi 2.x dan ingin menggunakan versi 3.0 ada tutorial yang membantu anda di sini. Panduan lengkap juga bisa dibaca di halaman User Guides.

Penasaran ingin mencoba? Kunjungi halaman Download CodeIgniter , unduh, jalankan, dan rasakan bedanya!

Referensi:

[1] http://en.wikipedia.org/wiki/CodeIgniter [2] http://www.sitepoint.com/rasmus-lerdorf-php-frameworks-think-again/ [3] http://ellislab.com/blog/entry/ellislab-seeking-new-owner-for-codeigniter [4] https://ellislab.com/blog/entry/your-favorite-php-framework-codeigniter-has-a-new-home [5] http://forum.codeigniter.com/thread-1657.html [6] http://www.codeigniter.com/userguide3/changelog.html