CodersTV, Tempat Menonton Programmer Profesional Ngoding Secara Langsung

Bagus Aji Santoso 21 April 2015

CodersTV, Tempat Menonton Programmer Profesional Ngoding Secara Langsung

Salah satu cara belajar pemrograman yang cukup efektif adalah dengan melihat secara langsung bagaimana orang lain membuat program. Untuk melihat bagaimana orang lain ngoding kita mempunyai beberapa opsi antara lain mengikuti kursus, belajar bersama teman, atau dengan menonton video di Youtube.

Opsi pertama jelas cukup sulit untuk dilakukan karena untuk mengikuti kursus biasanya kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Belajar bersama teman juga terkadang terhambat oleh waktu dimana kita tak bisa selamanya bersama. Opsi terakhir yang mungkin dapat dilakukan oleh semua orang. Tapi kekurangannya adalah sebagian besar video di Youtube mengalami beberapa proses editing sehingga kita terkadang menonton video yang perfect alias gak ada salahnya karena saat terjadi kesalahan, kesalahan tersebut dipotong, dihapus, diganti, bahkan bisa saja seluruh prosesnya diulang. Kekurangan inilah yang coba dihadapi oleh CodersTV, situs untuk menonton seorang programmer ngoding secara langsung tanpa proses editing (namanya juga live).   CodersTV mulai mengudara sejak tahun 2013, saat ini sudah ada 42 video siaran langsung ngoding di situs ini. Situs utamanya dapat dikunjungi melalui alamat http://coderstv.com/. Melalui halaman utamanya kita bisa memilih untuk menonton video yang berkaitan dengan bahasa pemrograman apa.

Untuk melihat video-video rekaman yang telah selesai maupun video yang tengah berlangsung dapat dilihat di halaman Browse Videos. Video yang telah usai ditandai dengan judul keterangan Finished dan video yang tengah berlangsung ditandai dengan keterangan Live. Untuk menonton, cukup klik tombol Watch yang berwarna kuning.

Tersedia juga fitur schedule untuk melihat jadwal siaran yang akan berlangsung disini. Dihalaman Schedule kita bisa melihat jadwal video yang akan disiarkan langsung disertai keterangan kapan dan siapa yang akan menyelenggarakannya.

Tak hanya menonton, kita pun bisa mempertontonkan kebolehan kita ngoding langsung disitus ini. Caranya dengan mengunjungi tautan Start a Broadcast dan mengisi kolom-kolom yang disediakan. Fasilitas yang didukung oleh CodersTV adalah Google Hangout atau Youtube Live Event.

Bagaimana komentar pembaca mengenai situs ini? Apakah pembaca mengetahui situs lain yang sejenis? Yuk berbagi bersama Codepolitan melalui kolom komentar dibawah. Semoga tulisan ini bermanfaat.

(bas/coderstv)