DevDocs, Satu Situs Untuk Semua Dokumentasi

Bagus Aji Santoso 10 April 2016

DevDocs, Satu Situs Untuk Semua Dokumentasi

Beberapa waktu yang lalu, penulis pernah membuat tulisan berjudul Mudahnya Baca Dokumentasi Tanpa Koneksi dengan Zeal. Artikel ini mengisahkan aplikasi bernama Zeal yang dapat kita gunakan untuk mengunduh berbagai dokumentasi sehingga dapat dibaca secara offline. Zeal sendiri merupakan aplikasi alternatif dari aplikasi serupa di Mac OS X, Dash.

Zeal, berkat kompatibilitasnya dengan Dash, memiliki koleksi dokumentasi lebih dari 150 bahasa/framework. Untuk dapat menggunakan Zeal, kita harus memasangnya terlebih dahulu. Beberapa diantara kita mungkin ada yang malas untuk memasang aplikasi baru sehingga tidak dapat merasakan asyiknya menggunakan Zeal. Pembaca yang tak ingin memasang aplikasi baru namun ingin mendapatkan kemudahan seperti yang ditawarkan oleh Zeal dapat menggunakan DevDocs, aplikasi berbasis web yang memiliki fungsi sama dengan Zeal.

[caption id="attachment_8907" align="alignnone" width="700"]DevDocs API Documentation Halaman depan DevDocs[/caption]

Situs yang dirilis dibawah lisensi Mozilla Public License 2.0 ini dibuat oleh Thibaut Corouble. DevDocs memiliki koleksi yang cukup lengkap. Karena dibuat sebagai aplikasi web, DevDocs memiliki antarmuka yang sangat nyaman untuk dieksplorasi.

[caption id="attachment_8908" align="alignnone" width="700"]Eksplor dokumentasi untuk React Eksplor dokumentasi untuk React[/caption]

Meski berbasis web, DevDocs memiliki fitur offline documentation. Dengan fitur ini, kita dapat mengunduh beberapa atau semua koleksi dokumentasi di DevDocs dan mengaksesnya secara offline saat tidak terhubung dengan internet. Berkat penggunaan teknologi IndexedDB, AppCache, dan localStorage, kita dapat menggunakan DevDocs secara offline dengan kenyamanan yang sama saat mengaksesnya secara offline.

[caption id="attachment_8910" align="alignnone" width="700"]Pilih dokumentasi yang ingin dibaca secara offline Pilih dokumentasi yang ingin dibaca secara offline[/caption]

Dengan layanan ini, kita dapat mengakses hampir semua jenis bahasa dan framework langsung disatu tempat, tanpa harus membuka web masing-masing satu persatu. Kunjungi DevDocs.io untuk langsung mencoba. Jangan lupa untuk mengikuti akun Twitter resminya di @DevDocs untuk info-info terbaru.

(bas/devdocs)