Ekspresikan Idemu di Tiga Kompetisi TechnoFair 2016 Universitas Gunadarma

Bagus Aji Santoso 23 Januari 2016

Ekspresikan Idemu di Tiga Kompetisi TechnoFair 2016 Universitas Gunadarma

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI) Universitas Gunadarma akan menyelenggarakan sebuah event besar pada bulan Maret, TechnoFair 2016Event teknologi bertajuk "Coloring The New Innovation in Technology" ini terdiri atas enam rangkaian acara. Keenam acara tersebut adalah Seminar, Talkshow, Workshop, Exhibition, dan Competition. Rangkaian acara akan diselenggarakan pada tanggal 10, 11, hingga 12 Maret 2016. Acara puncak TechnoFair 2016 bertempat di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma.

Untuk ikut mengembangkan wawasan dan pengetahuan pelajar/mahasiswa Indonesia di bidang teknologi informasi, TechnoFair 2016 menyelenggarakan tiga jenis kompetisi yang dapat diikuti. VideoAnimation, MobileApp, dan Robotics merupakan tiga jenis kompetisi keren yang dapat kita ikuti di TechnoFair 2016.

VideoAnimation

[caption id="attachment_7181" align="aligncenter" width="350"]Membuat animasi dengan Blender (sumber: linux.softpedia.com) Membuat animasi dengan Blender (sumber: linux.softpedia.com)[/caption]

Pembaca Codepolitan yang hobinya bikin animasi, waktunya unjuk gigi di kompetisi ini. VideoAnimation ditargetkan bagi animator handal yang dapat membuat video/animasi kreatif dengan tema “Coloring The New Innovation In Technology”. Kompetisi ini terbuka untuk umum dan dapat diikuti secara individu maupun tim. Apabila ingin ikut berkompetisi dengan tim, anggota yang diperbolehkan maksimal tiga orang. Pendaftaran kompetisi VideoAnimation dimulai pada tanggal 18 Januari 2016 hingga 12 Maret 2016.

MobileApp

[caption id="attachment_7180" align="aligncenter" width="350"]negativespace-14 Buat Aplikasi Mobile Lintas Platform[/caption]

Kompetisi membuat aplikasi mobile ini ditargetkan untuk siswa SMA/SMK sederajat. Peserta akan diberikan tantangan membuat aplikasi mobile yang lintas platform. Penyelenggara berharap dapat menemukan bibit-bibit unggul dari SMA/SMK sederajat dibidang pengembangan aplikasi mobile. Kompetisi MobileApp dapat diikuti secara individu maupun tim dengan jumlah anggota maksimal tiga orang. Sama halnya dengan kompetisi VideoAnimation, pendaftaran MobileApp dimulai pada tanggal 18 Januari 2016 dan berakhir pada tanggal 12 Maret 2016.

Robotics

[caption id="attachment_7182" align="aligncenter" width="350"]Robot Line Follower (sumber: Flickr) Robot Line Follower (sumber: Flickr)[/caption]

Berbeda dengan dua kompetisi sebelumnya, kompetisi Robotics hanya diperuntukan bagi mahasiswa Universitas Gunadarma baik secara individu maupun tim. Ada dua kategori dikompetisi Robotics ini, kedua kategori tersebut adalah Sumo Robot dan Line Follower.

Dikategori Sumo Robot, peserta ditantang untuk mengembangkan robot yang dapat diprogram untuk beradu kekuatan di arena pertandingan. Sedangkan, untuk kategori Line Follower peserta ditantang untuk membuat robot yang dapat mengikuti garis track yang telah ditentukan dengan baik.

Pendaftaran kompetisi Robotics dimulai pada tanggal 18 Januari dan berakhir pada tanggal 7 Maret 2015.

Penutup

Untuk kompetisi Robotics, final akan diselenggarakan pada tanggal 14 Maret 2016. Pada hari yang sama, kompetisi VideoAnimation dan MobileApp akan mengumumkan tiga besar yang akan bertarung di babak final pada tanggal 19 Maret 2015.

Pertanyaan seputar kompetisi dapat ditanyakan lewat laman Contact Us.