Empat IDE Gratis Untuk Python

Bagus Aji Santoso 31 Oktober 2015

Empat IDE Gratis Untuk Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman populer yang digunakan oleh banyak developer. Banyak dari mereka mengembangkan aplikasi Python hanya dengan teks editor biasa seperti Gedit, Sublime Text, Vim, Emacs, dll. Namun tak sedikit pula developer yang menggunakan Integrated Development Environment (IDE) untuk membantu mereka bekerja dengan proyek Python yang besar.

Artikel kali ini kita akan melihat lima IDE keren untuk Python. Apa saja IDE tersebut? Check it out!

PyDev

[caption id="attachment_6048" align="aligncenter" width="600"]PyDev PyDev[/caption]

Siapa yang tidak mengenal Eclipse? Hampir semua developer mengenal IDE yang satu ini, apalagi developer Java. Eclipse memiliki komunitas yang sangat besar yang saling bahu membahu mengembangkan IDE favoritnya. Hasilnya, Eclipse memiliki banyak plugin yang tersedia lewat Eclipse Marketplace. Salah satu plugin yang tersedia dapat membantu kita mengembangkan aplikasi Python dengan Eclipse. Plugin ini bernama PyDev.

PyDev memiliki fitur-fitur tambahan untuk Eclipse yang akan membantu kita dalam mengembangkan aplikasi Python. PyDev memiliki banyak kelebihan, diantara:

 

 

PyDev dapat diunduh gratis lewat pydev.org atau marketplace.eclipse.org.

PyCharm Community Edition

[caption id="attachment_6049" align="aligncenter" width="600"]Sumber: jetbrains.com Pycharm. Sumber: jetbrains.com[/caption]

IDE lain yang cukup populer dikalangan developer Python adalah PyCharm. PyCharm sendiri memiliki dua versi yaitu Professional Edition dan Community Edition. PyCharm Professional Edition merupakan versi berbayar dari PyCharm dan Community Edition merupakan versi gratis yang tersedia bagi komunitas Python dengan lisensi Apache 2.

PyCharm Community Edition memiliki fitur-fitur penting seperti Intelligent Editor, Debugger, Refactoring, Inspection, VCS Integration, dan fitur-fitur lainnya. Meskipun tidak selengkap fitur PyCharm Professional namun fitur-fitur ini sudah mencukupi untuk membantu mengembangkan aplikasi Python dengan lebih mudah.

SpyDer

[caption id="" align="alignnone" width="900"] Spyder. Sumber: GitHub.com[/caption]

The Scientific PYthon Development EnviRonment, Spyder, adalah IDE khusus untuk melakukan pemrograman saintifik dengan Python. Spyder menawarkan banyak fitur diantaranya:

  • Interactive console
  • Documentation viewer
  • Variable explorer
  • Find in filfes
  • File explorer
  • History log
Dokumentasi serta informasi lebih lengkap mengenai Spyder dapat dibaca di pythonhosted.org/spyder.

Eric

[caption id="" align="alignnone" width="1931"] Eric. Sumber: eric-ide.pythonprojects.org[/caption]

Eric merupakan IDE untuk Ruby dan Python yang dibuat dengan bahasa Python itu sendiri. Antarmuka Eric dibuat dengan menggunakan Qt framework dengan memanfaatkan Scintilla sebagai komponen source code editing-nya.

Fitur-fitur Eric tidak jauh berbeda dengan IDE lain seperti autocompletion, syntax highlighting, vcs, dll. Eric juga memiliki fitur Icon Editor dan Qt form preview yang berguna jika kita mengembangkan aplikasi GUI dengan Qt.