Figma Luncurkan Fitur Baru Yang Dapat Membantu Developer Dalam Pengembagan Program

Muchammad Rizky Yudistira 12 Juli 2023

Figma Luncurkan Fitur Baru Yang Dapat Membantu Developer Dalam Pengembagan Program

Hola Coders, Pada akhir Juni ini, Figma melakukan major update yang menurut mimin, update kali ini terbilang update yang sangat besar bagi mereka. Tentu saja, hal ini Figma lakukan untuk memanjakan pengguna nya agar lebih nyaman dalam merancang desain nya. Namun, kali ini mimin hanya akan membahas satu fitur yang buat mimin sendiri sebagai seorang FE sangat membantu dalam melakukan slicing dari desain ke real program. So, tidak berlama - lama mari kita bahas fitur Mode Develop yang Figma hadirkan di bulan Juni ini. Cekidot!!

Mode Develop

Figma kali ini membawa sebuah fitur baru yakni mode develop. Mode Develop dalam Figma adalah fitur terbaru yang dirancang khusus untuk membantu programmer dalam proses slicing atau konversi desain ke kode. Mode Develop memungkinkan kita melihat desain dalam tampilan yang lebih fokus pada elemen-elemen yang dapat diimplementasikan ke dalam kode, dan menyediakan berbagai alat yang membantu dalam proses tersebut. Berikut adalah beberapa fitur yang ada dalam Mode Develop di Figma:

  1. Inspect Design Dalam Mode Develop, Kita dapat dengan mudah memeriksa elemen-elemen desain seperti warna, ukuran, font, dan properti lainnya. kita dapat melihat atribut-atribut ini dengan detail, sehingga memudahkan kita dalam mengekstrak nilai-nilai tersebut untuk diimplementasikan ke dalam kode.

  2. Slicing Mode Develop memungkinkan kita untuk melakukan slicing pada desain dengan mudah. kita dapat mengidentifikasi elemen-elemen tertentu yang perlu dijadikan gambar atau kode, dan dengan sekali klik, Figma akan melakukan slicing otomatis dan menghasilkan output yang dapat digunakan dalam pengembangan.

  3. Ekspor Kode CSS atau SVG Dalam Mode Develop, kita dapat menyimpan kode CSS atau SVG dari elemen-elemen desain. Ini memungkinkan kita untuk menghasilkan kode yang siap digunakan dalam pengembangan, sehingga mempercepat proses implementasi desain ke dalam kode.

Kesimpulan nya, Mode Develop dalam Figma membantu menyatukan dunia desain dan pengembangan, memudahkan proses slicing dan implementasi desain ke dalam kode. Dengan fitur-fitur yang ada dalam Mode Develop, tim desain dan tim pengembang dapat bekerja secara lebih efisien, mengurangi kesalahan komunikasi, dan meningkatkan kolaborasi dalam pengembangan produk digital.