Firebase Crash Reporting Akan Ditutup, Segera Pindah ke Firebase Crashlytics

Takagi Fujimaru 14 Maret 2018

Firebase Crash Reporting Akan Ditutup, Segera Pindah ke Firebase Crashlytics

Firebase Crash Reporting merupakan salah satu layanan Firebase yang mempermudah pelaporan crash yang terjadi di aplikasi. Seperti layanan crash reporting pada umumnya, Crash Reporting akan mengirimkan pemberitahuan saat aplikasi yang sedang digunakan user mengalami gangguan. Dari error yang dikirimkan kita bisa jenis kesalahan apa dan dimana asal kesalahan yang terjadi sehingga bisa kita perbaiki nantinya.

Image

Pada bulan Oktober tahun lalu, Firebase merilis layanan baru bernama Crashlytics. Crashlytics merupakan layanan crash reporting yang lebih canggih dan sudah berpengalaman sebagai aplikasi crash reporter papan atas selama lebih dari 3 tahun sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google.

Firebase Crashlytics akan membawa semua fitur yang dimiliki Crash Reporting dengan berbagai tambahan, diantaranya:

  • Integrasi dengan event Analytics: mencatat asal dan aksi yang dilakukan user sebelum crash terjadi.
  • Crash insight: pahami masalah stabilitas dan sumber-sumber kesalahan dari laporan-laporan yang sudah ada untuk mendapatkan konteks permasalahan yang terjadi.
  • Pinning important builds: kita bisa menempelkan ("pin") build tertentu dibagian atas Firebase console agar lebih mudah dan lebih cepat diakses.
  • dSYM uploading: upload dSYM secara manual disituasi tertentu.

Untuk mendukung user yang tengah menggunakan Firebase Crash Reporting, layanan ini akan terus didukung hingga tanggal 8 September 2018 sebelum ditutup seutuhnya. Firebase juga sudah mempermudah pengaksesan data crash lama yang telah ada sehingga kita bisa berpindah-pindah dari Crashlytics ke Crash Reporting sampai batas akhir pada tanggal 8 September.

Diskusi seputar Crashlytics bisa dilakukan lewat Google Group berikut dan pertanyaan seputar layanan Firebase ini juga bisa dilakukan lewat support channel.