Fitur-fitur Baru di Laravel 7

Ahmad Hakim 4 Maret 2020

Fitur-fitur Baru di Laravel 7

Halo sobat coders, siapa yang belum tahu kalo Laravel sudah update ke Versi 7? Nah 3 Maret 2020 kemarin Laravel mengumumkan versi terbarunya dan sudah bisa digunakan untuk tahap production. Lalu apa aja fitur terbaru yang ditawarkan oleh Laravel 7 ini? Kita intip satu-persatu yuk!

Blade Component

Kalau temen-temen sudah pernah make Vue.js, di sana terdapat juga istilah Component. Nah, di dalam Blade di Laravel 7 memungkinkan kita juga menggunakan fitur yang mirip dengan Component Vue. seperti halnya untuk tag-based rendering, attribute management, component classes, inline view components dan banyak lagi fitur lainnya. Kamu bisa temukan di dalam dokumentasinya di sini atau kamu bisa ikut kelas onlinenya di codepolitan.com.

Laravel Airlock

Sebelumnya Laravel sudah mengenalkan package untuk mengatur authentication menggunakan Laravel Passport. Nah, kali ini Laravel memberikan package terbaru lainnya yaitu Laravel Airlock. Di mana, package tersebut digunakan untuk sistem otentikasi khusus SPA (Single Page Applications), mobile apps, dan simple token agar lebih mudah digunakan.

Laravel Airlock juga memungkinkan setiap akun yang kita gunakan bisa men-generate banyak API Token. Implementasi role / abbilities juga bisa kita definisikan di dalam Airlock. Penasaran? Kita akan buatkan nanti tutorialnya :D

HTTP Client

Di dalam PHP mungkin sangat terkenal yang namanya Guzzle. Ya, package yang memungkinkan kita melakukan request pada REST API dengan sangat mudah.

Kali ini, Laravel 7 mengenalkan fitur terbaru untuk lebih memudahkan dalam mengakses REST di dalam logic PHP kita. Memanfaatkan Package Zttp yang merupakan wrapper dari package Guzzle, HTTP Client ini bisa dinikmati.

Route Caching

Tau gak sih, performa view cache di Laravel 7 ini makin ngebut? Dengan memanfaatkan perintah php artisan route:cache Laravel akan membuat cache dari route yang kita buat di dalam project kita. Taylor Otwell menegaskan dengan contoh lebih dari 800 route yang dibuat untuk menampilkan "Hello World" jauh lebih cepat 2x kecepatan Laravel tanpe menggunakan route caching!

Dan masih banyal lagi loh fitur ajaib yang ditawarkan Laravel 7 ini seperti Blade X, Customizable Stubs, Custom Eloquent Casts, Mail Markdown Template yang akan kita bahas juga di kelas online Codepolitan.com