JetBrains Mono, Font untuk Para Developer

Ahmad Hakim 24 Januari 2020

JetBrains Mono, Font untuk Para Developer

Halo sobat coders, pastinya gak asing kan kalo kita denger kata JetBrains? Betul sekali, JetBrains adalah perusahaan software yang mengembangkan banyak sekali tools pemrograman yang diantaranya adalah IDE (Integrated Development Environment). Salah satunya yang paling terkenal adalah IntelliJ IDEA yang kemudian dimodifikasi oleh Google untuk menjadi Android Studio yang banyak dipakai para mobile developer.

JetBrains Mono

Kali ini, JetBrains mengeluarkan produk baru yang berbeda dari sebelumnya yaitu sebuah typeface atau font yang bisa digunakan oleh para programmer. Font ini diberi nama JetBrains Mono.

For your information, font dengan jenis Monospace memiliki ciri khas dari pada font lainnya seperti Serif atau Sans-Serif. Bisa dilihat dari kata space-nya saja font dengan jenis monospace ini memiliki spasi yang lebih lebar antar huruf, juga memiliki kesamaan ukuran pada semua karakternya. Karena itu, Monospace juga disebut sebagai fixed-pitch, fixed-width atau non-proportional font.

Karena keunggulan jenis font monospace ini, ia sering sekali digunakan oleh para programmer atau developer untuk dipakai di Text Editor-nya karena lebih nyaman dilihat dan memiliki jarak antar huruf yang sama serta mudah membedakan dari satu simbol ke simbol yang lain sehingga memudahkan para coders untuk melihat dan mencari sintaks-sintaks yang ditulis. Selain itu, menggunakan font baru bagi developer di text editor yang ia pakai dapat memberikan dampak segar atau tidak mudah bosan untuk berlama-lama melihat jutaan sintaks dan ribuan baris setiap harinya. :laughing:

Untuk sobat coders yang ingin icip-icip font yang dibuat oleh JetBrains ini, silahkan kunjungi situs resminya di https://jetbrains.com/lp/mono/. :heart_eyes: