Fuchsia, Sistem Operasi Baru dari Google untuk Perangkat IoT

Bagus Aji Santoso 18 Agustus 2016

Fuchsia, Sistem Operasi Baru dari Google untuk Perangkat IoT

Google baru-baru ini mengumumkan sistem operasi baru yang mereka berinama "Fuchsia". Fuchsia merupakan proyek open source baru yang dikerjakan oleh sebuah tim khusus di Google serta tidak berhubungan dengan Android dan Chrome OS sama sekali.

Fuchsia dilaporkan telah melewati beberapa fase testing dan dapat berjalan dengan lancar diperangkat-perangkat yang menggunakan prosesor Skylake dan Broadwell. Fuchsia juga dilaporkan dapat berjalan di Acer Switch ALpha 12 dan akan segera mendukung Raspberry Pi 3. 

Dikabarkan bahwa Fuchsia menggunakan Flutter, sebuah proyek baru untuk membantu developer mengembangkan aplikasi mobile untuk iOS dan Android dengan konsep "write once, fit many" menggunakan satu bahasa. Proyek ini menggunakan bahasa pemrograman Dart.

Baca juga: Cara Enjoy Memulai Belajar Pemrograman

Saat ini Fuchsia masih dalam tahap pengembangan. Meskipun begitu berita mengenai Fuchsia cukup menyita perhatian dari kalangan pengembang perangkat IoT. Mungkin nanti saat telah selesai dikembangkan, Fuchsia dapat menjadi salah satu pilihan sistem operasi yang dapat diandalkan.

(bas/linuxinsider)