Game Engine HTML5, Defold Kini Open Source

Bagus Aji Santoso 20 Mei 2020

Game Engine HTML5, Defold Kini Open Source

Pada tanggal 19 Mei lalu, King secra resmi mengumumkan bahwa Defold game engine akan tersedia sebagai open source project. Sebagai bagian dari proses peng-open source-an Defold, King juga menyerahkan kepemilikan Defold kepada organisasi baru bernama Defold Foundation.

"Kami sangat bangga untuk dapat meng-open source-kan Defold dan kami amat bersemangat untuk memulai perjalanan sebagai gam engine open source bersama komunitas game developer yang mengembangkan project-nya dengan Defold. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada King karena telah mempercayai visi open source kami dan memercayakan Defold kepada Defold Foundation." ucap Bjorn Ritzl, Product Owner di Defold Foundation. Tim developer yang awalnya bekerja di King akan pindah ke Defold Foundation dan secara fulltime akan mengembangkan game engine HTML5 ini.

Apa Itu Defold?

Defold adalah game engine yang pada awalnya dikembangkan oleh King (perusahan pengembang game Candy Crush) untuk mengembangkan game internal mereka.

Image

Defold sendiri sudah dipakai beberapa pengembang yang telah merilis game mereka baik di platform Steam, Android, maupun iOS. Berikut beberapa game yang dikembangkan dengan Defold.

Fates of Ort (Steam)

Image

Taxi Town (iOS)

Image

Pet Rescue Saga (Android, iOS)

Image

Penutup

Untuk kamu yang tertarik dengan Defold bisa mengunjungi website resminya di https://defold.com/ dan melihat game-game yang pernah dibuat lainnya di https://defold.com/showcase/.

Sumber: https://defold.com/2020/05/19/Defold-is-now-open-source/