Golden Rules untuk Android Development

Aria Wardana 8 Desember 2020

Golden Rules untuk Android Development

Fakta yang tidak dapat disangkal bahwa preferensi pertama pengguna ponsel adalah aplikasi. Aplikasi tersebut memainkan peran penting dalam memudahkan tugas pengguna. Ada banyak sekali aplikasi di pasar resmi yang berkontribusi dalam memudahkan kehidupan pengguna atau hanya sekedar mencari hiburan saja.

Ada golden rules untuk android developer, namun aturan ini juga bisa diikuti web developer. Ikuti rules-rules ini untuk membuat aplikasi Anda menjadi lebih baik lagi.

Understanding User Requirement

Kunci pertama dan yang paling penting untuk membangun aplikasi android adalah menganalisis kebutuhan para pengguna. Jika Anda memahami kebutuhan pengguna, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat aplikasi, karena para pengguna akan menerima solusi yang memenuhi masalah mereka.

Responsive User Interface

Dengan membuat user interface lebih responsive membuat aplikasi tersebut memiliki nilai tambah dari segi kenyamanan dan pengalaman para pengguna.

Meningkatkan Performance untuk multiplatform

Banyak perangkat yang memiliki merek, ukuran dan kemampuan layar yang berbeda, yang tentu saja harus kita ketahui persyaratan kompatibilitas perangkat dan mengoptimalkan kinerja aplikasi seluler Anda untuk Android.

Functionality and Creativity

Fungsi yang lebih baik dan UI yang sangat kreatif dan menarik adalah salah satu kebutuhan mendasar untuk suatu aplikasi. Yang tentu saja harus seimbang dalam membuat fungsi dan kreativitas agar aplikasi yang dibuat dapat kesan baik dari para pengguna.

Selection of Right Approach

Seorang developer harus selalu melalui pro dan kontra dari pendekatan yang benar. Baik itu aplikasi seluler Native, Hybrid, atau HTML5, Anda harus selalu mengekstrak manfaatnya. Pendekatan ini dapat membantu Anda dalam memutuskan platform yang tepat untuk pengembangan aplikasi. Selain itu, ini akan membantu Anda mengetahui bagaimana ide Anda dapat diubah menjadi platform virtual.

Build Right Prototype

Lakukanlah pengujian Beta atau buat prototype agar dapat umpan balik dari para user untuk memahami di mana letak kekurangan dari suatu aplikasi. Prototype akan membantu menarik pelanggan potensial karena mereka akan dapat menggunakan proyek langsung dan akan lebih memahami ruang lingkup proyek.

Integrasi Alat

Sebagai pemilik aplikasi, Anda harus mengintegrasikan alat analitik yang memberi Anda gambaran deskriptif tentang Traffic yang ditangani aplikasi Anda. Ini akan memberi Anda gambaran tentang pelanggan yang tertarik yang mungkin menjadi pelanggan potensial setelah melalui aplikasi dan layanannya.

Beberapa alat analisis seluler yang efektif dapat membantu Anda dalam melacak Traffic:

  • Localytics
  • Mixpanel
  • Flurry
  • Google Analytics

Perbarui Aplikasi Anda Secara Berkala

Mengupgrade adalah bagian penting dari aplikasi. Pengguna selalu mengharapkan peningkatan fitur atau fungsinya yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan atau memberi mereka fitur tambahan. Pemilik aplikasi harus terus memperbarui dan memberikan fitur yang belum pernah dilihat sebelumnya, yang dapat membantu mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mendatangkan pelanggan baru dan calon pelanggan.

Aplikasi apa pun tanpa pembaruan atau peningkatan kemungkinan besar akan mengurangi posisi atau tempatnya di toko aplikasi, dan tidak akan menjadi aplikasi yang disukai oleh pengguna.

Lakukan pengujian aplikasi Secara mendalam

Agar aplikasi terhindar dari bug yang tidak diinginkan dan dapat mengganggu para pengguna. Dan jika perlu, testing ini sangat wajib dilakukan sebelum peluncuran aplikasi, jika memungkinkan.

Sumber: https://android.jlelse.eu/11-golden-rules-for-android-app-development-13b0361ded4c https://nextbigtechnology.com/golden-rules-to-follow-during-the-app-development-process/