Google Play Service 8.4 SDK Telah Tersedia

Bagus Aji Santoso 24 Desember 2015

Google Play Service 8.4 SDK Telah Tersedia

Beberapa waktu yang lalu, Google mengumumkan ketersediaan Google Play Service 8.4 SDK. Banyak pengembangan yang dilakukan Google untuk produk yang satu ini. Diantaranya:

Custom Email App Invites

Pengguna senang berbagi informasi mengenai aplikasi yang mereka sukai. Google telah menyediakan teknologi App Invites untuk melayani kebutuhan pengguna untuk berbagi. Di Google Play Service 8.4, App Invite telah dikembangkan untuk membuat proses berbagi lewat email menjadi lebih mudah.

Prediksi Spend dan Churn

Google telah mengembangkan Player Stats API dibagian Google Play Games Analytics untuk lebih memahami kebiasaan pemain dan mempertahankan mereka untuk tetap memainkan game yang telah kita buat. Pengembangan yang dilakukan Google ialah dengan menambahkan dua macam prediksi yaitu churn dan spend.

Prediksi churn merupakan metode untuk memprediksi kemungkinan pemain game kita untuk berhenti memainkan game tersebut. Dengan data dari metode prediksi ini, kita dapat mengembangkan konten game menjadi lebih baik agar pemain tetap memainkan game yang kita publish.

Prediksi berikutnya adalah metode spend alias metode untuk memprediksi kemungkinan pemain membelanjakan uangnya demi game yang Ia mainkan. Data yang didapat dari metode ini dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan pendapatan. Misalnya, jika para pemain memiliki kemungkinan belanja yang kecil, kita dapat memberikan diskon sehingga para pemain tadi dapat lebih tertarik untuk belanja.

Pembaruan Fused Location Provider

Fused Location Provider (FLP) di Google Play service merupakan layanan google untuk menentukan lokasi berdasarkan beberapa jenis sensor seperti GPS, WiFi dan BTS. Di versi 8.4, Google Play service memberikan peningkatan yang signifikan bagi FLP dalam mendeteksi lokasi berdasarkan posisi BTS. Jika sebelumnya FLP hanya menggunakan satu BTS utama untuk menentukan informasi lokasi, sekarang FLP juga menggunakan BTS lain yang ada disekitarnya untuk menentukan lokasi yang lebih akurat.

Selain meningkatkan keakuratan penentuan lokasi melalui BTS, teknik penentuan lokasi menggunakan WiFi juga mengalami peningkatan, terutama di area di mana GPS tidak tersedia (ruangan tertutup).

Jika pembaca tertarik untuk mengetahui peningkatan-peningkatan lainnya di Google Play Service 8.4, kunjungi halaman android-developers.blogspot.mx.

(bas/android-developers)