Grasshopper, Game Mobile Buatan Google Untuk Belajar JavaScript

Pierre Haumahu 20 April 2018

Grasshopper, Game Mobile Buatan Google Untuk Belajar JavaScript

Bahasa pemrogaman di masa sekarang, sudah merupakan hal yang perlu untuk dipelajari. Dengan mempelajari bahasa pemrograman, kita bukan saja dapat membuat sebuah aplikasi maupun website, namun juga berguna untuk meningkatkan pola pikir kita secara logis. Namun, akan sangat sulit untuk menjelajahi bahasa pemrograman dengan menyenangkan.

Area 120, sebuah inkubator milik Google, merilis sebuah game mobile yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Game dengan nama Grasshopper merupkan sebuah game mempelajari bahasa pemrograman javascript secara lebih menyenangkan. Grasshopper merupakan game menyusun puzzle sambil belajar konsep pemrograman JavaScript. Game ini dapat dimainkan di Android maupun di iOS.

Image

Game ini dimainkan dengan cara menyusun puzzles berupa kumpulan code, dengan studi kasus tertentu tergantung dari tingkatan yang dilalui. Setiap tingkatan memiliki topik yang berbeda. Game ini juga memiliki tahap quiz untuk menguji pengetahuan kita berdasarkan topik dari tingkatan tersebut. selain itu, di setiap tingkatan atau topik memiliki sebuah penjelasan singkat mengenai topik yang diangkat serta contoh dari code tersebut.

Image

Grasshopper menawarkan serangkaian kursus, yang dimulai dengan tahap pertama yaitu "Fundamentals" di mana kita akan belajar bagaimana sebuah code bekerja. Variabel, string, fungsi, perulangan, array, conditional, operator, dan objek juga diajarkan per tahap. Setelah itu, tahap berikutnya adalah belajar menggambar bentuk menggunakan library D3, dan membuat fungsi yang lebih kompleks menggunakan D3. Bukan hanya itu saja, Grasshopper juga memiliki fitur dengan nama "Code Playground" dimana kita dapat membuat code kita sendiri.

Dengan menginstal Grasshopper pada mobile kita, belajar bahasa pemrograman bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Referensi: engadget, theverge