Intip Source Code Photoshop Generasi Pertama

Takagi Fujimaru 24 Mei 2018

Intip Source Code Photoshop Generasi Pertama

Photoshop merupakan nama yang bersinonim dengan "aplikasi edit foto". Jika membutuhkan aplikasi untuk melakukan manipulasi foto maka kata pertama yang muncul di benak adalah Photoshop.

Image

Photoshop merupakan produk yang dikembangkan oleh dua kakak beradik bernama Thomas Knoll dan John Knoll. Tomas Knoll, adalah mahasiswa S3 di bidang computer vision yang saat itu sedang belajar di University of Michigan. Is menulis sebuah program untuk menampilkan dan memdifikasi gambar digital pada tahun 1987. Adiknya, John, yang bekerja di perusahaan visual efek untuk film ternyata menyukai aplikasi buatan Thomas karena sangat berguna untuk manipulasi foto.

Image

Program buatan Thomas yang akhirnya diberi nama "Display", sedikit demi sedikit mulai diperbagus. Dengan fitur-fiturnya yang semakin matang, ditahun 1988 mereka merasa produk ini cukup menjanjikan untuk dijadikan produk komersial. Tak lama kemudian mereka mengganti nama Display menjadi Photoshop dan mulai memasarkannya.

Dibeli Adobe

Photoshop belum menjadi milik Adobe sebelum April 1989 saat perusahaan itu akhirnya menyelesaikan proses pembeliannya. Versi 1.0 mulai dipasarkan setahun setelahnya.

Image
Image
Image

Dibangun dengan Pascal

Versi Photoshop yang pertama ditulis dalam bahasa pemrograman Pascal. Hanya ada satu orang yang menulis program Photoshop versi pertama saat itu. Bahkan saat rilis versi yang kedua, programmernya hanya bertambah satu orang menjadi dua.

Source Code

Computer History Museum bekerja sama dengan Adobe System Inc. merilis source code Photoshop versi pertama yang dirilis tahun 1990 lalu. Source code yang bisa pembaca unduh secara gratis sebagai sarana pembelajaran ini terdiri dari 179 files, 128.000 baris dalam bentuk tnapa komentar. Sebanyak 75% kode yang ada ditulis dalam bahasa pemrograman Pascal sedangkan 15% sisanya dalam bahasa pemrograman assembly.

Source code-nya bisa pembaca unduh di sini. Informasi lebih lengkap tentang perilisan source code bisa pembaca lihat di computerhistory.org.