Kaya Mendadak, Programmer Ini Berhasil Selesaikan Puzzle Bernilai $50,000

Takagi Fujimaru 12 Februari 2018

Kaya Mendadak, Programmer Ini Berhasil Selesaikan Puzzle Bernilai $50,000

Seorang programmer berumur 30 tahun berhasil mendapatkan akses ke Bitcoin wallet yang berisi 4.86 Bitcoin, senilai hampir $50,000 (£35,500 atau sekitar Rp. 668 juta) dari puzzle lukisan yang berhasil diselesaikan kurang lebih selama tiga tahun.

Programmer yang namanya tidak mau disebut (karena negara tempat ia tinggal "kurang aman" untuk menyimpan Bitcoin) ini berhasil mendapatkan kode nol dan satu dari sebuah lukisan yang dibuat oleh @coin_artist dan Rob Myers. Lukisan yang bernama "TORCHED H34R7S" menjadi puzzle penutup dari serangkaian puzzle yang sudah dipublikasikan sebelumnya. Dari lukisan ini, sang programmer mendapatkan serangkaian kode biner yang dilukiskan sebagai baris api dipinggir lukisan.

Image

Warna dan bentuk setiap api merepresentasikan empat segmen karakter dari seri biner. Selain itu, ada juga kode rahasia yang dilukiskan sebagai pita merah dibagian kanan bawah lukisan.

Dari kode-kode biner yang sudah dikumpulkan, sang programmer lalu menggunakan sebuah aplikasi sederhana untuk menerjemahkannya. Ternyata, kode-kode biner rahasia tersebut merupakan puisi karya William Shakespeare, The Phoenix and the Turtle.

Sumber: msn