Kumpulan Public API Untuk Aplikasimu Selanjutnya

Bagus Aji Santoso 22 November 2017

Kumpulan Public API Untuk Aplikasimu Selanjutnya

Menggunakan API yang sudah ada merupakan salah satu teknik untuk mempercepat proses pembuatan sebuah aplikasi. Daripada kita harus membangun sistem yang baru lalu mengisi data satu per satu agar mendapatkan kumpulan data film, menggunakan sistem dan data yang sudah ada dari layanan The Movie Database (TMDb) tentu saja akan menghemat waktu.

Mengenal Apa itu Web API

Sebelum memulai membangun sistem sendiri untuk data yang dibutuhkan oleh aplikasi kita, pertama coba dulu cari apakah sudah layanan yang menyediakan data serupa. Untuk mempermudah mencari API yang tersedia secara terbuka dan gratis, terdapat beberapa project yang sudah melakukannya untuk kita yaitu AnyAPI, Toddmotto, dan Public APIs.

Image
Image

Sekarang dengan data yang sudah tersedia, kita cukup membangun fitur unik yang berbeda dari aplikasi lain tanpa perlu repot-repot membangun sendiri backend-nya. Namun perlu diketahui bahwa daftar-daftar tersebut tidak mencakup seluruh API public yang tersedia. Mungkin ada penyedia API lain yang tidak tersedia di daftar yang sudah ada, terutama untuk layanan dari Indonesia.