Langkah Pertama Belajar Nest JS Pemula, Coba Yuk!!

Prasatya 16 April 2024

Langkah Pertama Belajar Nest JS Pemula, Coba Yuk!!

Dunia backend development memang menarik, tapi bisa juga bikin bingung untuk memulai. Ada banyak pilihan Library yang tersedia, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Nah, kalau kamu tertarik belajar library untuk belajar pemrograman baru yang kekinian dan cocok untuk bangun aplikasi server-side yang powerful, belajar Nest JS bisa jadi jawabannya!

Pengenalan Belajar Nest JS Pemula

Sebelum kita mulai, mari kita bahas mengapa Nest JS begitu menarik. Nest JS adalah sebuah library javascript yang berbasis Node.js yang lagi naik daun. Kerangka kerja nest js ini di rancang khusus untuk membangun aplikasi server-side yang efisien, terstruktur, dan mudah di kembangkan. Dengan Nest JS, kamu bisa membangun berbagai macam aplikasi, mulai dari REST API sederhana sampai aplikasi real-time yang kompleks.

Kenapa memilih Belajar Nest JS?

Sebelum melangkah lebih jauh, mungkin kamu bertanya-tanya, “Emang kenapa sih harus belajar Nest JS? Kan udah ada Express.js?” Yap betul, Express.js adalah kerangka kerja backend yang cukup popular dan banyak di gunakan. Seperti yang di jelaskan sebelumnya, Nest JS menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan Express.js. Nest JS memiliki struktur yang lebih jelas, dependency injection, dan fitur tambahan yang memudahkan pengembangan aplikasi. Express JS memang lebih ringan dan fleksibel, tapi Nest JS lebih cocok untuk membangun aplikasi yang kompleks dan terstruktur. Nest JS menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan Express.js, di antaranya:

Struktur yang jelas

Nest JS menggunakan konsep berorientasu objek (OOP) yang membuat kode kamu lebih terorganisir dan mudah dipahami, khususnya untuk projek besar.

Dependency Injection

Nest JS menggunakan dependency injection, yang membantu kamu mengatur dependensi antar modular antar komponen aplikasi dengan lebih mudah. Ini membuat kode kamu yang lebih modular dan mudah diuji.

Fitur tambahan

Nest JS menyediakan berbagai fitur tambahan di luar box, sperti built-in support untuk validation, logging, dan exception handling. Ini membuat pengembangam aplikasimu jauh lebih efisien.

Penggunaan Typescript

Typescript adalah pilihan utama bagi banya pengembang karena kemampuannya dalam menambahkan tipe statis ke Javascript. Dengan Nest JS, kita bisa menggunakan TypeSript secara langsung dalam pengembangan aplikasi.

Modularitas

Nest JS didesain dengan konsep modularitas yang memungkinkan kita untuk membagi aplikasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, memudahkan dalam pengembangan dan pemeliharaan.

Integrasi dengan Express.js

Salah satu fitur menarik dari Nest JS adlah integrasinya yang mulus dengan Express.js, sebuah framework Node.js yang telah mapan dan popular di kalangan pengembang. Integrase ini memberikan beberapa keuntungan signifikan bagi pengembang yang sudah terbiasa dengan Express.js mereka, sehingga mereka dapat memanfaatkan kembali kode yang sudah ada dan mengintegrasikannya dengan komponen Nest JS.

Komunitas yang berkembang

Nest JS memiliki komunitas yang aktif dan terus berkembang. Ini berarti kamu bisa mendapatkan bantuan dengan mudah jika menemui masalah saat belajar.

Nah gimana sudah jelas belum? Kalau sudah jelas dan paham, yuk langsung kita mulai belajar Nest JS! Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan di antaranya:

Node.js dan npm

pastikan kamu sudah menginstall Node.js dan npm (Node Package Manager) di computer kamu. Kamu bisa download Node.js dari https://nodejs.org/en/download

Code Editor

Pilih code editor favorit kamu untuk menuis kode Nest JS. Beberapa pilihan yang popular di antaranya ada Visual Studio Code, Sublime Text, dan Atom. Yuk mulai langkah pertama belajar Nest JS.

Baca Juga: Belajar Nest JS Typescript: Pengertian, Fungsi, Komponen

Instalasi Nest CLI

Belajar nest js pemula dengan coba instalasi nest CLI. Nest menyediakan CLI (Command Line Interface) yang bisa digunkan untuk membuat projek baru dan generate boilerplate code. Untuk menginstall Nest CLI secara global, jalankan perintah berikut di terminal:

npm install -g @nestjs/cli

kemudian berlanjut ke langkah selanjutnya, ya!

Membuat Projek Nest Pertama

Setelah Nest CLI terinstall, saatnya kita membuat projek Nest JS pertama mu! Buka terminal dan jalankan perintah berikut:

nest new my-first-nest-app

ganti “my-first-nest-app” dengan nama projek yang kamu inginkan. Perintah di atas akan membuat project baru dengan struktur direktori Nest JS dasar. Jadi, bagaimana si rupa struktur direktori Nest JS? Mari kita lanjut belajar bareng!

Struktur Direktori Nest JS

Setelah projek Nest JS kamu dibuat, buka direktori projek menggunakan kode editor. Kamu akan melihat struktur direktori seperti berikut:

my-first-nest-app/
  ├── app.module.ts
  ├── main.ts
  ├── nest-cli.json
  ├── package.json
  ├── package-lock.json
  ├── src/
  │   └── app/
  │       ├── app.controller.ts
  │       ├── app.module.ts
  │       └── app.service.ts
  └── tsconfig.json

Bagi kamu yang kebingunan, berikut openjelasan singkatnya:

• App.module.ts: file ini merupakan modul utama apliksi Nest JS. Modul ini mengatur keseluruhan aplikasi dan memuat modul-modul lainnya.

• Main.ts: file ini adalah titik masuk aplikasi Nest JS.

• src/app/: direktori ini berisi kode sumber aplikasi kamu. Di dalam direktori ini terdapat:

o app.contoller.ts: file ini berisi controller yang menangani request dan response HTTP.

o App.module.ts: file ini merupakan modul spesifik untuk modul aplikasi.

**o App.service.ts: file ini berisi service yang berisi logika bisnis aplikasi.

Yup, perisapan hamper sudah siap semua mari kita membuat sebuah controller sederhana!

Baca Juga: TUTORIAL - Step by step Belajar React Js Pemula

Membuat Hello World Controller

Nah belajar nest js pemula dengan membuat helo world mudah banget. Sekarang, mari kita buat sebuah controller sederhana yang mengembalikan pesan “Hello World!”. Buka file src/app/app.controller.ts dan tambahkan kode berikut:

TypeScript
import { Controller, Get } from '@nestjs/common';

@Controller()
export class AppController {
  @Get()
  getHello(): string {
    return 'Hello World!';
  }
}

Penjelasan kode:

**• @Controller(): **Dekorator yang menandakan class ini sebagai controller.

• @Get(): Dekorator yang menandakan method ini sebagai handler untuk request HTTP GET.

• getHello(): Method ini akan mengembalikan string "Hello World!" ketika endpoint / diakses.

Okey, kamu mendekati selesai dalam membuat aplikasi Nest JS!

Menjalankan aplikasi dan mencoba Endpoint

Setelah belajar nest js pemula dengan menampilkan hello world. Kita coba untuk menjalankan aplikasi endpoint. Setelah kode controller di tambahkan, jalankan kembali aplikasi Nest JS dengan perintah:

Npm run start:dev

Kemudian buka browser dan akses alamat http://localhost:3000. Kamu akan melihat pesan “Hello World!” displayed on the page.

Kesimpulan

Belajar Nest JS pemula adalah langkah penting bagi kamu yang ingin memperluas keterampilan dalam pengembangan aplikasi berbasis Node JS. Dengan pedekatan yang terstruktur, modularitas, dan integrasi dengan Typecript, Nest JS menjadi pilihan yang menarik bagi banyak pengembang. Dengan mengikuti langkah-langkah dasar dan terus belajar, kamu akan dapat membangun aplikasi web yang kuat dan mudah di pelihara menggunakan Nest JS. Jadi, mulailah perjalananmu dalam belajar Nest JS sekarang juga dan nikmatilah bagaimana kamu bisa mengembangkan aplikasi pertamamu dengan mudah!

Baca Juga : Mengenal Project Manager Gaji, Tugas, dan Skills (WFO)

Jika kamu ingin belajar Nest JS lebih mendalam, CODEPOLITAN memiliki Kelas Menguasai Nest JS. Di sini kamu tidak hanya belajar melalui video-video dari para tutorial yang expert tlho. Di CODEPOLITAN juga menyediaan forum tanya jawab bagi kamu untuk mengatasi kendala-kendala pada saat kamu belajar. Tim support CODEPOLITAN akan siap membantu menjawab pertanyaan kamu dan memberikan bimbingan jika di perlukan.

Eiits, bukan hanya itu setelah menyelesaikan kelas ini dan berhasil melewati evaluasi yang ditentukan, kamu akan memperoleh sertifikat kelulusan sebagai bukti keberhasilan kamu dalam memahami dan menguasai Nest JS. Sertifikat ini dapat menjadi nilai tambah bagi karir programmer kamu! Klik linknya di sini ya jika kamu tertarik!