Let's Encrypt Keluarkan Lebih dari 100 Juta Sertifikat

Bagus Aji Santoso 29 Juni 2017

Let's Encrypt Keluarkan Lebih dari 100 Juta Sertifikat

Let's Encrypt merupakan layanan yang mengeluarkan sertifikat SSL gratis untuk semua pemilik website. Sertifikat SSL yang dikeluarkan oleh Let's Encrypt menawarkan perlindungan enkripsi standar yang dapat membantu meningkatkan keamanan website, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan menaikkan peringkat di Google. Layanan ini dipersembahkan oleh Internet Security Research Group (ISRG) yang memiliki cita-cita untuk membuat web 100% HTTPS.

Cita-cita Let's Encrypt sedikit demi sedikit mulai menjadi kenyataan. Saat layanan ini pertama kali diperkenalkan, web sudah berumur 20 tahun namun masih kurang dari 40% page load yang menggunakan HTTPS. Hari ini, setelah 19 bulan, jumlah page load website yang terenkripsi telah meningkat 18% sehingga jumlah totalnya menjadi sekitar 58%. Persentase ini didapat salah satunya berkat 100.000.000 sertifikat SSL yang dikeluarkan oleh Let's Encrypt.

Persentase jumlah laman web yang dimuat dengan Firefox menggunakan HTTPS

Let's encrypt mengajak sysadmin, web developer, atau semua orang yang mengelola server untuk bersama-sama melindungi pengguna dengan mengenkripsi website kita. Kunjungi laman Getting Started untuk mulai menerapkannya.

Referensi:

https://letsencrypt.org//2017/06/28/hundred-million-certs.html https://www.dewaweb.com/tutorial-instalasi-lets-encrypt-ssl-free/

<a style="background-color:black;color:white;text-decoration:none;padding:4px 6px;font-family:-apple-system, BlinkMacSystemFont, "San Francisco", "Helvetica Neue", Helvetica, Ubuntu, Roboto, Noto, "Segoe UI", Arial, sans-serif;font-size:12px;font-weight:bold;line-height:1.2;display:inline-block;border-radius:3px;" href="http://unsplash.com/@kmuza?utm_medium=referral&utm_campaign=photographer-credit&utm_content=creditBadge" target="_blank" rel="noopener noreferrer" title="Download free do whatever you want high-resolution photos from Carlos Muza">Carlos Muza