Linux 25 tahun! Simak 25 Fakta Menarik yang Tidak Semua Orang Tahu Tentang Linux

Hadyan Palupi 1 September 2016

Linux 25 tahun! Simak 25 Fakta Menarik yang Tidak Semua Orang Tahu Tentang Linux

25 tahun yang lalu, seorang mahasiswa asal Finland membagikan kabar proyeknya melalui email list :

From: torvalds@klaava.Helsinki.FI (Linus Benedict Torvalds) Newsgroups: comp.os.minix Subject: What would you like to see most in minix? Summary: small poll for my new operating system Message-ID: <1991Aug25.205708.9541@klaava.Helsinki.FI> Date: 25 Aug 91 20:57:08 GMT Organization: University of Helsinki

 

Hello everybody out there using minix —

 

I’m doing a (free) operating system (just a hobby, won’t be big and professional like gnu) for 386(486) AT clones. This has been brewing since april, and is starting to get ready. I’d like any feedback on things people like/dislike in minix, as my OS resembles it somewhat (same physical layout of the file-system (due to practical reasons) among other things).

 

I’ve currently ported bash(1.08) and gcc(1.40), and things seem to work. This implies that I’ll get something practical within a few months, and I’d like to know what features most people would want. Any suggestions are welcome, but I won’t promise I’ll implement them :-) Linus (torv…@kruuna.helsinki.fi)

 

PS. Yes — it’s free of any minix code, and it has a multi-threaded fs. It is NOT protable (uses 386 task switching etc), and it probably never will support anything other than AT-harddisks, as that’s all I have :-(.

Hanya sekedar hobi katanya dan tidak akan sebesar dan seprofesional GNU. Mahasiswa ini tidak mengetahui bahwa sistem operasinya akan merubah software selamanya :D

Hari ini, Linux merupakan sebuah operating system untuk banyak server dan juga menjadi basis untuk Android, dimana Android sudah menjadi operating system dominan untuk handphone dimana 100% gratis dan open source.

Mari coba kita kesampingkan fakta bahwa saat ini Linux sudah berumur 25 tahun dengan 25 fakta mencengangkan tentang Linux dibawah ini :

Fakta 1 : Terdapat 115 juta baris kode dalam proyek bersama Linux Foundation. dibandingkan dengan Windows XP yang hanya terdapat 45 juta baris kode.

Fakta 2 : Linux kernel merupakan proyek open source teraktif di bumi. Menerima rata-rata 185 patch perhari.

Fakta 3 : Dibutuhkan 41.000 orang pertahun untuk membangun linux - setara dengan 5 juta dollar gaji seorang developer.

Baca juga: 3 Distro LINUX Racikan Lokal

Fakta 4 : Linux Foundation membayar Linus 10 juta dollar pertahun untuk terus mengerjakan linux. Dan Linux mendapatkan keuntungan bersih 150 juta dollar pertahunnya.

Fakta 5 : Meskipun project Linux ini melibatkan jumlah uang yang banyak - dan semua sistem bergantung pada Linux - Linus sendiri berkerja dari rumah, sendiri dan ditemani oleh kucingnya. Berikut gambar dirinya berada diatas meja treadmillnya.

1-KSdEtpApOARCE-GE9nW00g

Fakta 6 : Ketika Linus bertugas sebagai militer Finlandia - melakukan perhitungan untuk rudal balistik - ia membeli salinan buku Andrew Tanenbaum yang berjudul Operating Systems Design and Implementation. Buku ini menggambarkan minix dengan pengajaran yang sederhana dari Unix - dan hal inilah yang membuka mata Linus tentang filosofi dibalik Unix.

Fakta 7 : Meskipun Torvalds menulis 100% code Linux saat pertama kali rilis. Hingga saat ini kontribusi aslinya kurang dari 1% dari total baris kode yang ada di Linux. Dia mengatakan akhir-akhir ini dia terlalu sibuk untuk melakukan penggabungan kode yang di tulis oleh kontributor lain dibanding melakukan pemrogramman sendiri.

Fakta 8 : Icon sofware terkenal lainnya seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg terpaksa DO dari kampus tempat mereka belajar karena melakukan proyek full-time mereka. Namun Linus tidak hanya meneruskan sekolahnya dan sukses dengan Linux - ia juga berhasil untuk mendapatkan gelar master dalam sains komputer.

Fakta 9 : Sekalipun Linus menciptakan Git, namun dirinya tidak menerima semua request melalui GitHub. Linux masuk dalam list Github dan memiliki lebih dari 35.000 bintang.

Fakta 10 : Maskot Linux adalah seekor penguin yang diberi nama Tux

1-gIoNEmB9C0dadJJlDWqpOA

Fakta 11 : Developer dari beberapa perusahaan besar telah berkontribusi pada Linux. Berikut ini para developer Linux berdasarkan rangking kontribusi :

1-NpcUUgaxbnGrkyHm90Gsyg

Fakta 12 : 97% dari super komputer di dunia berjalan dengan Linux - termasuk cluster yang digunakan oleh NASA.

Fakta 13 : SpaceX menggunakan program toleransi kesalahan yang didesain spesial oleh Linux pada setiap mesin roket Merlinnya. karenanya Linux telah membantu 32 misi luar angkasa secara sempurna.

Fakta 14 : Pada 2009, pemerintahan Munich di German mengganti OS dari Windows ke Linux. Sejauh ini mereka mengklaim telah menghemat 10 juta euro dalam lisensi softwarenya. Tetapi perubahan tersebut mungkin saja berakibat biaya yang lebih banyak atau menurunnya produktivitas.

Baca juga: Kali Linux, Senjata Hacking Reinkarnasi BackTrack

Fakta 15 : Kekuatan Linux tersimpan pada mini komputer Raspberry Pi seharga 5 dollar.

1-e1kTOXskOZVHObff1eKcNw

Fakta 16 : Apakah Linux raja dunia? Faktanya Titanic merupakan film pertama yang diproduksi menggunakan server Linux.

Fakta 17 : Meskipun developer video game Valve founder dari Gabe Newell telah mempublikasikan bahwa ia berfikir Linux adalah masa dengan game. Perusahaannya berbasis Linux - konsol Steam Machine mengalami kebangkrutan. dan saat ini pada tahun 2010 sedikit orang yang bermain game menggunakan Linux.

Fakta 18 : Dronecode adalah Linux untuk Drone. Sekitar 1000 perusahaan yang membangun jasa drone berjalan menggunakan operasi sistem Dronecode ini.

Fakta 19 : Toyota dan Jaguar berencana untuk menjalankan mobil mereka di masa depan dengan menggunakan Automotive-grade Linux.

Fakta 20 : Linux tersedia dalam banyak distribusi atau disto. Kebanyakan distro tersebut didasarkan kepada distro lainnya pula. Distro yang paling populer saat ini adalah Ubuntu yang berbasis Debian.

Berikut pohon Keluarga linux secara menyeluruh :

1-7KP2aqaHVrCgJfF9mhE8hQ

Klik di sini untuk memperbesar gambar.

Fakta 21 : Red Hat merupakan perusahaan distrubusi Linux yang fokus pada perusahaan enterprise. Perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar yang dibangun dengan dasar software open source dan mendapat pendapatan 5 miliar dollar pertahun.

Baca juga: Zephyr Project : OS Open Source untuk IoT dari Linux Foundation

Fakta 22 : Linux tidak selalu hadir dengan graphic user interface (GUI). Banyak programmer berinteraksi hanya dengan command line, biasanya Bash. Kamu bisa memilih berbagai variasi GUI, seperti Xfca dan KDE. Ketika kamu mendengar Xunbuntu itu artinya Ubuntu dengan Xfe. Apakah kamu bisa menebak apa arti dari Kubuntu?

Ǝpʞ ɥʇᴉʍ nʇunq∩ :ɹǝʍsuɐ

Fakta 23 : Linux menggunakan GNU (General Public Lincense)

“The licenses for most software are designed to take away your freedom to share and change it. By contrast, the GNU General Public License is intended to guarantee your freedom to share and change free software — to make sure the software is free for all its users.” — GNU GPL preamble

Fakta 24 : Linux menggunakan desain yang mirip dengan Unix, dimana monolithic Linux kernal bisa dilihat hampir di semua bidang, sistem file, jaringan dan proses kontrol. Fungsi selebihnya dihandle menggunakan modul- dimana banyak dari modul tersebut berasal dari proyek GNU.

Fakta 25 : Sekalipun Microsoft Windows merupakan kompetitor terbesar dari sistem operasi Linux, tetapi Ubuntu Bash sudah terintegrasi dengan Windows 10.

Fakta Bonus : Linux terinspirasi dari GNU project milik Richard Stallman. Pergerakan software gratis dan etika hacker. Kamu bisa membaca tentang ini dalam sejarah lain yang juga penting seperti komputer pertama Apple dalam buku Steven Levy berjudul Hackers: Heroes of the Computer Revolution.

Dan juga berikut wawancara singkat dengan Linus dimana ia berbicara mengenai Linux dan Git serta bagaimana ia menciptakan mereka untuk menyelesaikan masalahnya sendiri :

Dan ini untuk 25 tahun kedepan Linux. Semoga software open source bisa terus menjadikan dunia tempat yang jarang dari bug.

Sumber : Linux is 25. Yay! Let’s celebrate with 25 stunning facts about Linux