Linux Punya Perintah Sudo, Bagaimana dengan Windows?

Hadyan Palupi 13 November 2016

Linux Punya Perintah Sudo, Bagaimana dengan Windows?

Kamu pengguna linux dan sejenisnya pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata sudo. Sebuah kata ajaib yang sangat populer digunakan oleh para pengguna operasi sistem open source ini. Dalam sistem operasi sejenis linux/unix, akun root tidak dikonfigurasi secara default. Sebagai pengguna linux kamu bisa menggunakan perintah "sudo" untuk mendapatkan kontrol penuh dalam sistem untuk Install, menghapus, atau merubah software apapun. Sudo memberikan hak root yang juga berfungsi mengamankan keamanan sistem.

"apakah ada command / perintah pada Windows yang bisa menjalankan perintah dengan hak administrator? Seperti layaknya pada Linux menggunakan perintah sudo dalam PowerShell atau Command Prompt"

RUNAS -- Sudo versi Windows

Perintah sudo merupakan salah satu tools yang paling banyak digunakan pada sistem linux sebagai administrator. Pengguna Windows bisa menggunakan runas, sebuah perintah yang berfungsi mirip dengan sudo pada Windows Vista ke atas. Perintah runas ini memperbolehkan kamu menjalankan sebuah program yang spesifik dan tools dengan izin yang berbeda dari user yang sedang digunakan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Linux adalah Sistem Operasi yang Cocok untuk Programmer

Runas dalam sistem operasi windows bisa digunakan oleh pengguna untuk menjalankan sebuah program di bawah akun pengguna lainnya. Kamu juga bisa mengartikan hal ini dengan berarti menjalankan sebuah program di komputer temanmu sebagai dirimu atau pengguna lain.

Untuk menggunakan runas pada perintah baris, silahkan untuk membuka jendela Command Prompt lalu tulis kata runas diikuti dengan parameter yang telah disesuaikan lalu tekan enter.

inilah syntax yang digunakan pada perintah runas:

runas [{/profile|/noprofile}] [/env] [/netonly] [/smartcard] [/showtrustlevels] [/trustlevel] /user:UserAccountName program
Contoh langsung, untuk memulai Command Shell sebagai administrator yaitu cukup dengan jalankan command di bawah ini :

runas /noprofile /user:Administrator cmd

Baca juga: Linux 25 tahun! Simak 25 Fakta Menarik yang Tidak Semua Orang Tahu Tentang Linux

Berikut perbedaan parameter yang sudah dispesifikasikan oleh Microsoft : runas 1

Harap diperhatikan ketika menggunakan perintah runas, masukkan password pengguna hanya ketika OS kamu memintamu untuk melakukannya. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan, bahwa menggunakan perintah runas dalam windows vista ke atas telah diberikan kemudahan dengan menggunakan 'klik kanan' pada mouse dan memilih "run as administrator". Dan juga jika kamu telah menggunakan Command Shell versi terbaru, penggunaan runas tidak ada yang berbeda.

sumber : https://fossbytes.com/equivalent-sudo-command-windows/