Markdown Editor Terbaik Untuk Linux

Anugrah Sandi 29 November 2017

Markdown Editor Terbaik Untuk Linux

Dengan menggunakan Markdown adalah cara yang menarik untuk menuliskan konten web, sebab memungkinkan anda untuk menulis content dengan format plain text yang dapat di convert menjadi XHTML (HTML). Markdown adalah format markup yang simpel dan dapat diubah menjadi form HTML, jadi sangat berguna untuk konten online. Sejak Josh Gruber menciptakannya pada tahun 2004, hingga saat ini semakin banyak digunakan di forum, postingan blog dan komentar.

Baca Juga: TDLR Pages Menyederhanakan Manual Pages

### Kenapa Harus Markdown?

Markdown menawarkan kemudahan dalam penulisan konten dengan form plain text, tapi akan muncul pertanyaan, teks editor pada umumnya juga bisa melakukannya. Maka mari kita lihat apa kelebihan ketika menggunakan format Markdown:

  1. Syntax highlighting dan panel preview sehingga anda dapat melihat secara langsung result dari yang telah anda ketikkan.
  2. Keyboard shortcuts untuk mempercepat penulisan
  3. export/convert Markdown kedalam HTML, PDF, ODT dan lain sebagainya.
  4. Word count, statistik dokumen dan spell checking.
  5. Format lainnya, termasuk table dan format matematika.

Markdown Editor Untuk Linux

  1. Menggunakan teks editor atau IDE favorit

    Anda bisa menggunakan teks editor favorit untuk menuliskan Markdown. Anda bisa menambahkan Markdown ekstension atau plugin jika tersedia, berikut beberapa diantaranya:

  2. Abricotine

    Abricotine adalah Markdown editor electron-based yang dapat digunakan membuat format Markdown layaknya teks editor dengan fitur syntax highlighting, juga mendukung format table dan memiliki fitur untuk memasukkan gambar serta video youtube kedalam dokumen. Fitur lainnya adalah dapat menuliskan format matematika dengan Latex, checklist, anchors dan spell checking. Dan hasil dari markdown akan ditampilkan di side panel preview.

    Untuk mendownloadnya silahkan ke github

Baca Juga: 5 Platform Yang Dapat Menjadi Pilihan Untuk Membuat Chatbot

3. Remarkable

Remarkable memudahkan kita untuk menuliskan format Markdown karena sekaligus sebagai Markdown editor yang memiliki fitur *syntax highlighting *dan synchronized preview pane. Selain juga, tersedia juga shortcuts yang berguna untuk mempercepat penulisan, juga mendukung MathJax formatting. Anda juga dapat meng-exportnya kedalam HTML atau PDF.

Silahkan download editor ini pada github

  1. ReText

    ReText adalah adalah Markdown editor yang simpel dan powerful dengan mode tab-base yang dibuat menggunakan pyhton. Fitur yang dimilikinya adalah syntax highlighting dan synchronized preview panel, dan juga mendukung MathJax dan python-markdown extension. Dokumen yang dihasilkan dapat di export ke format PDF, ODT, HTML dan format lainnya.

  2. Ghostwriter

    Ghostwriter memiliki berbagai fitur distraction (bebas gangguan), termasuk mode full screen, clean interface dan dark theme. Aplikasi ini juga memiliki fokus mode, yang menyorot teks disekitar kursor dan memudarkan disekitarya, mode* Hemingway* yang menonaktifkan tombol backspace dan delete, yang memaksa anda untuk menulis daripada mengedit.

    Fitur lainnya termasuk built-in themes, live preview, dan drag and drop image. Selain itu anda juga dapat meng-export dokumen anda ke format HTML dan berbagia format lainnya.

    Untuk menginstallnya pada ubuntu dapat menggunakan PPA:

    sudo add-apt-repository ppa:wereturtle/ppa
    sudo apt update
    sudo apt install ghostwriter
    

    Sedangkan untuk distro lainnya bisa anda temukan di github

  3. Typora Typora adalah Markdown editor yang akan memberikan anda pengalaman berbeda dalam menggunakannya, baik sebagai penulis maupun sebagai pembaca. Karena Typora menghilangkan preview window, mode switcher, syntax symbol dari Markdown source code, dan berbagai gangguan lainnya sehingga kita akan hanya akan dibuat terfokus pada konten secara live preview. Berikut beberapa fitur yang disediakan oleh Typora:

  • Github Flavored Markdown dan fitur tambahan lainnya meliputi code fences, tables, lists, footnotes, math blocks, etc.
  • Real live preview
  • Shortcut keys
  • Native fitur pada mac, meliputi auto save, version control, spell check, etc.
  • Custom themes controlled menggunakan CSS file
  • Export PDF dan HTML
Image