Mengenal Jurusan Computer Science atau Ilmu Komputer

Goo 11 Juli 2023

Mengenal Jurusan Computer Science atau Ilmu Komputer

Hai Coders!, apakah Anda bingung dalam menentukan jurusan IT? atau masih bingung dengan prospek karier dari jurusan IT yang Anda pilih?. Tenang, kita akan membahasnya dalam #StarterIT, sebuah series yang akan terbagi dalam beberapa bagian, diharapkan kedepannya series ini akan menambah wawasan Anda mengenai jurusan, karier, serta hal-hal yang perlu diketahui sebelum atau ketika menjadi mahasiswa IT hingga nantinya mulai masuk ke dunia kerja. Nah, sebagai permulaan, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Computer Science/Ilmu Komputer. Apa itu Computer Science/Ilmu Komputer? Bagaimana prospek karier dari jurusan ini kedepannya? Mengapa jurusan ini cukup populer di Indonesia?.

Langsung saja mari kita bahas.

Apa itu Computer Science?

Computer Science atau juga dikenal dengan Ilmu Komputer merupakan jurusan pada jenjang Strata-1 (S1) yang berada dibawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) atau Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM). Jurusan ini menjadi salah satu jurusan IT populer di Indonesia maupun dunia. Untuk jumlah SKS di Indonesia berkisar 144 atau 146 SKS selama 8 semester.

Computer Science merupakan ilmu yang mempelajari tentang komputer dan sistem komputasi, baik itu perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Mahasiswa akan diberi pengetahuan dasar tentang komputer, mulai dari hal-hal yang bersifat teoritis seperti teori jaringan, pemrograman sistem hingga algoritma. Namun hal itu tidak berarti jurusan ini tidak melakukan praktik ya, bisa dibilang praktik dan teori memiliki porsi yang sama.

Mengapa Computer Science Menjadi Salah Satu Jurusan Populer?

Alasan utama yang membuat jurusan ini populer adalah karena relevansi dalam era digital, seiring dengan meningkatnya kebutuhan tenaga IT di Indonesia, secara tidak langsung akan membuka peluang pasar kerja yang luas serta potensi penghasilan yang tinggi. Ditambah lagi, jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang cukup populer di dunia, membuat kesempatan kerja secara global lebih terbuka lebar. Hal ini mendorong tingginya minat siswa untuk memilih jurusan ini sebagai salah satu pilihan utama atau teratas pada seleksi jurusan universitas. Label sulit pun muncul dikarenakan jumlah peminat yang cukup banyak, dan membuat persaingan menjadi cukup kompetitif.

Baca Juga : 6 Tips Menjaga Semangat Ngoding

Apa Saja Mata Kuliah Computer Science?

Mengutip dari laman binus.ac.id, beberapa contoh mata kuliah yang akan dipelajari, meliputi:

  • Discrete Mathematics (Matematika Diskrit)
  • Linear Algebra (Aljabar Linier)
  • Algorithm and Programming (Algoritma dan Pemrograman)
  • Program Design Methods (Metode Desain Program)
  • Entrepreneurship
  • Data Structure (Struktur Data)
  • Calculus (Kalkulus)
  • Database System (Sistem Database)
  • Computer Networks (Jaringan Komputer)
  • Multimedia System (Sistem Multimedia)

Hampir sama dengan Binus, mengutip dari laman simak.ui.ac.id, terdapat mata kuliah lain yang berbeda, meliputi :

  • Basis Data
  • Sistem Operasi
  • Arsitektur Komputer
  • Teori Komputasi
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Perancangan dan Pemrograman Web
  • Sistem Cerdas

Pada dasarnya, setiap universitas menyediakan mata kuliah beragam, namun secara garis besar meliputi yang telah disebutkan diatas. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait mata kuliah dari jurusan ini, silahkan untuk mengunjungi laman universitas yang Anda minati dengan kata kunci Computer Science/Ilmu Komputer pada mesin pencarian.

Baca Juga : Math dan Programming, Haruskah Programmer Jago Matematika?

Bahasa Pemrograman Apa Saja yang Dipelajari?

Mahasiswa pada jurusan ini akan belajar beberapa bahasa pemrograman yang disesuaikan dengan tingkatan semester. Beberapa bahasa pemrograman yang digunakan antara lain:

  • Java
  • Javascript (JS)
  • Python
  • C dan C++

Catatan: Saat mempelajari sebuah bahasa, utamakan untuk memahami fundamentalnya. Dengan memahami fundamental, nantinya akan memudahkan Anda dalam mempelajari bahasa pemrograman yang lain.

Jika Anda masih mengalami kesulitan memahami fundamental selama mengikuti perkuliahan, Codepolitan menyediakan berbagai kelas bahasa pemrograman dengan dipandu oleh mentor ahli untuk membantu Anda mengatasi kesulitan tersebut. Silahkan untuk mengunjungi link ini https://codepolitan.com/ untuk memilih kelas sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga : Cara Memilih Tutorial Pemrograman Untuk Pemula

Tips Lulus Jurusan Ilmu Komputer Tepat Waktu?

  1. Mulai Perhatikan Langkah Awal

Mencari tahu mata kuliah per semester lebih awal (baik dengan mengunjungi laman fakultas atau bertanya pada kakak tingkat) dan mulai mempersiapkan diri akan sangat membantu Anda lebih siap dalam menjalani aktivitas perkuliahan.

  1. Kelola Waktu

Buat jadwal spesifik atau rutinitas untuk membantu Anda mengatur waktu. Rutinitas dapat berupa jadwal mengulas materi yang sebelumnya disampaikan di kelas, mempelajari materi dari sumber luar, mengerjakan tugas yang diberikan dosen, aktivitas sosial, dan banyak lagi.

  1. Support System

Support sytem dapat berupa membentuk kelompok belajar dengan teman sekelas atau aktif dalam komunitas programming. Hal tersebut akan sangat membantu Anda memahami materi yang membingungkan maupun memotivasi Anda untuk dapat lulus tepat waktu.

Prospek Karier Computer Science?

Mendapatkan pekerjaan IT impian menjadi salah satu alasan mengapa Computer Science menjadi salah satu jurusan IT favorit. Namun tahukah kalian, jurusan ini termasuk salah satu bidang keilmuan fleksibel yang bisa diterapkan ke banyak bidang. Contohnya dalam pertanian, pembuatan aplikasi yang dapat memprediksi cuaca akan sangat membantu pada musim panen.
Kembali ke karier IT itu sendiri, mungkin saat ini kalian bingung untuk mengetahui arah tujuan karier kedepannya. Untuk itu berikut prospek karir dari jurusan Computer Science yang dapat menjadi “jalan ninja” untuk lebih semangat lagi menekuni aktivitas perkuliahan yang ada:

  • Software Engineer (SE)/Developer

Tugas utama dari profesi ini adalah merancang, mengembangkan, menganalisis, memodifikasi, dan mengawasi perangkat lunak. Dikutip dari Payscale, penghasilan SE berkisar sekitar $91,735 per tahun (data ini diambil 14 Juni 2023)

  • System Analyst/Developer

Melakukan penelitian, perencanaan, pengoordinasian, dan pemilihan sistem sekaligus perangkat lunak untuk pemanfaatan dalam sebuah institusi merupakan fokus dari karier ini. Dikutip dari Payscale, penghasilan System Analyst/Developer berkisar sekitar $69,652 per tahun (data ini diambil 14 Juni 2023)

  • Web Engineer/Developer

Sesuai dengan namanya, karier ini berfokus dalam merancang, membuat, dan memelihara website. Dikutip dari Payscale, penghasilan Web Engineer/Developer berkisar sekitar $62,863 per tahun (data ini diambil 14 Juni 2023)

  • Computer Network Specialist

Mendesain, menciptakan, dan merawat jaringan komputer (menjaga stabilitas jaringan) merupakan tugas utama dari karier ini. Dikutip dari Payscale, penghasilan Computer Network Specialist berkisar sekitar $20.51 per jam (data ini diambil 14 Juni 2023)

  • Database Analyst

Pada era digital saat ini, kebutuhan perusahaan terhadap karier ini semakin meningkat. Karier ini akan memastikan alur dan keamanan data (semua data dan informasi penting perusahaan) terlindungi dengan baik. Dikutip dari Payscale, penghasilan Database Analyst berkisar sekitar $66,911 per tahun (data ini diambil 14 Juni 2023)

  • IT Support/Consultant

Karier ini memberikan solusi atau bantuan untuk mengatasi kesulitan dalam penggunaan komputer dan jaringan. Dikutip dari Payscale, penghasilan IT Support/Consultant berkisar sekitar $83,276 per tahun (data ini diambil 14 Juni 2023)

  • Video Game Programmer

Bermain game merupakan salah satu pilihan kegiatan yang banyak diminati untuk mengisi waktu luang maupun menghilangkan kepenatan. Hal ini mendasari makin banyaknya beragam pilihan game. Selain itu, peluang karier pun secara langsung menjadi lebih luas. Menciptakan karakter, menentukan alur cerita, hingga menyusun mekanisme bagaimana sebuah game akan dimainkan adalah beberapa tugas utama dari karier ini. Dikutip dari Payscale, penghasilan Game Developer berkisar sekitar $66,401 per tahun (data ini diambil 14 Juni 2023)

Kesimpulan :

Jurusan Computer Science atau Ilmu Komputer menawarkan peluang karir yang menjanjikan di era digital, dengan permintaan pasar yang tinggi dan potensi penghasilan yang baik. Mahasiswa dalam jurusan ini mengembangkan kemampuan problem-solving dan analitik, serta memiliki kesempatan untuk berinovasi dan berkreasi dalam bidang teknologi yang terus berkembang. Kolaborasi lintas disiplin juga menjadi bagian penting dalam Computer Science, memungkinkan para ahli komputer untuk bekerja dengan profesional dari berbagai bidang. Secara keseluruhan, Computer Science merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang tertarik dengan dunia digital, ingin mengejar peluang karier yang luas dan menjanjikan.

Referensi