Mengenal NeDB, Database Ringan Berbasis Javascript

Nugroho Ardi Sutrisno 22 Februari 2017

Mengenal NeDB, Database Ringan Berbasis Javascript

Terkadang kita memerlukan fungsionalitas database tanpa perlu repot menginstall penyedia layanan database diluar aplikasi yang kita bangun. Seperti saat membangun aplikasi Node.js service atau web application yang harus dikemas secara ringkas, atau mungkin saat membangun aplikasi desktop dengan Node.js Webkit, tanpa perlu mengharuskan pengguna untuk menginstall database eksternal. Pada saat itulah kita memerlukan NeDB.

NeDB adalah sebuah database ringan yang dibangun sepenuhnya dalam bahasa Javascript dan mengimplementasikan MongoDB API. NeBD dikemas sebagai Module Node.js yang dapat dipanggil dengan require dan dapat digunakan sebagai persistent datastore. Bisa juga disebut sebagai SQLite untuk proyek MongoDB.

var Nedb = require('nedb'), planets = new Nedb({ filename: 'path/to/data.db', autoload: true }); // Masukan beberapa data planets.insert({ name: 'Earth', satellites: 1 }, function (err) { planets.insert({ name: 'Mars', satellites: 2 }, function (err) { planets.insert({ name: 'Jupiter', satellites: 67 }, function (err) { // Sekarang dapat digunkan dalam query planets.find({ satellites: { $lt: 10 } }, function (err, docs) { // docs akan berisi array earth dan mars }); }); }); });

Fitur

NeDB menyediakan fitur yang paling sering digunakan dalam MongoDB:

  • Operasi CRUD
  • Bahasa yang menggunakan notasi dot (untuk query pada dokumen bersarang), operator perbandingan ($lt, $lte, $gt, $gte, $in, $nin, $exists) dan operator ($and, $or, $not)
  • Modifier dokumen $set, $inc, $push, $pop, $addToSet dan $each
  • Tersedianya versi browser

Performa

NeDB bukanlah pengganti untuk database “sebenarnya” seperti MongoDB. NeDB menggunakn metode indexing, NeDB mampu melakukan 5,000 writes dan 25,000 reads per detik.

Mau Coba?

NeDB dapat diinstal melalui npm dengan cara npm install nedb. Kita juga dapat mengunjungi repositori Github NeDB untuk membaca dokumentasi, mengirim feedback, melaporkan masalah, atau melakukan pull requests.

sumber : https://www.mongodb.com/blog/post/nedb-a-lightweight-javascript-database-using