Mengenal XAMPP dan Cara Install XAMPP di Windows

Faisal Hanafi
Selasa, 6 September 2022 pukul 13.16

Hallo Coders, bagi kamu yang saat ini belajar menjadi fullstack web development pasti tidak asing dengan salah satu software yang biasa terpasang di laptop kalian, yaps ini adalah XAMPP.

XAMPP adalah salah satu software berbasis web server yang sering digunakan untuk mempelajari dan membuat sebuah website XAMPP sendiri mendukung berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux serta Mac OS.

Software XAMPP dikembangkan oleh tim Apache Friends pada tahun 2002 dengan label GNU (General Public License). adapun singkatan dari XAMPP adalah X (cross platform), A (Apache), M (MySQL/MariaDB), P (PHP), dan P (Perl).

  • X (cross platform) menandakan bahwa software XAMPP dapat dijalankan di berbagai platform os mulai dari Linux,Windows dan Mac OS

  • A huruf A pada kata XAMPP adalah singkatan dari Apache yang mana Apache sendiri adalah sebuah aplikasi web server yang banyak digunakan oleh web developer.

  • M huruf M pada kata XAMPP singkatan dari Mysql yang kita tahu bahwa Mysql adalah databse server yang digunakan untuk membuat serta mengelolah sebuah data yang terstruktur.

  • P huruf P pada kata XAMPP singkatan dari PHP, dalam pengembangan sebuah website kita akan sering belajar dengan bahasa pemrograman salah satunya adalah PHP untuk kebutuhan server side/backend.

  • P huruf P akhir pada kata XAMPP adalah singkatan dari Perl, bagi kamu yang belum tahu Perl ini adalah salah satu bahasa pemrograman juga lho,biasanya Perl dalam XAMPP digunakan sebagai penunjuk dari PHP untuk pembuatan website berbasis CMS seperti WordPress

Kali ini kita akan mencoba menginstall XAMPP pada sistem operasi windows adapun step by stepnya sebagai berikut :

Step 1, Download Software XAMPP

Bagi kamu yang belum download file installer XAMPP bisa klik link disini

image

Step 2, Install File installer

Bagi kamu yang sudah mendownload pada file distep 1 kali lakukan install dengan meng-click kanan kearah running administrator seperti digambar ini

image2

Step 3, Proses Install

Pada step ini klik next saja untuk menyetujui tahap penginstalan

image3

Di wizard 'Pilih komponen', pilih komponen yang ingin kita ingin instal di sistem. kita juga dapat menghapus centang pada komponen yang tidak ingin kita instal. Oleh karena itu, komponen abu-abu yang sudah dipilih adalah bagian yang diperlukan untuk instalasi XAMPP. Selanjutnya, klik 'Next'.

image4

Sekarang, KIta akan memilih lokasi di folder mana yang kita ingin menginstal XAMPP. Pilih folder untuk menginstal XAMPP. Atau, jika kita ingin melanjutkan dengan direktori default, klik 'Next'.

image5

Pilih bahasa yang ingin kita gunakan di panel kontrol XAMPP. Bahasa default adalah 'Bahasa Inggris' tetapi kita juga dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Klik 'Next' untuk melanjutkan.

image6

Sekarang, setup siap untuk menginstal XAMPP di Windows Server. Klik 'Next'.

image7

Dalam beberapa saat, instalasi akan dimulai pada sistem kita. Ini akan menginstal semua komponen yang diperlukan dan informasi tentang Bitnami untuk XAMPP akan ditampilkan. Ini menyediakan penginstal gratis dan sumber terbuka yang dapat menginstal Joomla, WordPress, dan banyak aplikasi populer lainnya.

image8

Setelah instalasi server XAMPP selesai, klik 'Finish' untuk keluar dari wizard instalasi.

Step 4, Jalankan XAMPP

Kita dapat menjalankan server XAMPP dari menu mulai windows menggunakan bilah pencarian.

image9

Klik pada "panel kontrol XAMPP" untuk meluncurkannya di Server Windows.

Ketika server XAMPP akan berjalan di sistem, kita akan melihat bahwa layanan tidak berjalan secara default. Namun, klik tombol 'Start' untuk memulai layanan yang diperlukan seperti Apache, MySQL, FileZilla, Mercury, dan Tomcat.

image10

Kemudian klik start pada apache dan mysql agar web server dan database server berjalan, setelah berwarna hijau background dari apache dab database maka akan muncul tombol admin pada sisi samping tombol start silahkna klik tombol tersebut yang akan mengarahkan ke localhost tempat kita menampilkan hasil dari sebuah pengembangan web.

Selamat! XAMPP berhasil diinstal pada sistem . kita dapat memulai dan menggunakannya di server Windows sekarang :)

Kelas Promo
...
By Originals
Jalan Lurus Menjadi Fullstack Developer
Kelas online belajar Fullstack web developer
from A to Z
760+ Materi Video Pembelajaran
Akses Materi Selamanya
Konsultasi Online Mingguan
Sertifikat Digital
6 Project Studi Kasus
Info Terkini