0

0

0

share


#programming#tutorial#Tutorial#cpp

Reactions0 Reactions

0 Komentar

Menghapus Karakter dari String di Bahasa Pemrograman C++

Profile

zh24 Oktober 2017

Menghapus Karakter dari String di Bahasa Pemrograman C++

C++/CPP merupakan bahasa pemrograman primitif yang biasanya menjadi fundamental di matakuliah pemrograman dasar di kampus. Tapi, C++ kini menjadi mata pelajaran pemrograman dasar di sekolah kejuruan jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), meskipun masih banyak juga yang menggunakan Pascal sebagai dasar.

Meskipun primitif, C++ masih sangat populer dikalangan programmer muda yang serius dalam pengembangan software ataupun hanya sekadar mengasah logika dan algoritma. Memulai dengan bahasa primitif ini, bisa mengantarkan ke gerbang pintu kemerdekaan pemrograman tingkat lanjut yang lebih kompleks.

Dari sekian banyak hal dasar dalam pemrograman, salah satunya adalah bermain dengan string (tipe data: kumpulan dari karakter). Mari bermain menghapus karakter dari sebuah string di C++ menggunakan function erase(). erase() memiliki 2 parameter, erase(posisi_karakter, panjang_karakter_yg_dihapus). Selengkapnya: cplusplus.com/reference/string/string/erase.

  1. Parameter pertama: posisi karakter yang akan dihapus. posisi ini diisi dengan nomor indeks dari sebuah string (integer).
  2. Parameter kedua: panjang karakter yang akan dihapus (integer).

Skenario:

  • Ada sebuah variable bernama kata yang berisi "CodePolitan".
  • Hapus karakter 'P' pada kata "CodePolitan".
  • Sehingga menjadi "Codeolitan".

Mari coba code berikut.

#include <iostream> #include <string> using namespace std; int main() { string kata; kata = "CodePolitan"; cout<<"Sebuah kata: "<<kata<<endl; cout<<"Menghapus karakkter 'P' pada "<<kata<<endl; kata.erase(4,1); //proses penghapusan karakter 'P' cout<<"Setelah karakter 'P' dihapus: "<<kata<<endl; return 0; }

Jika dieksekusi, hasilnya akan seperti berikut.

Sebuah kata: CodePolitan
Menghapus karakkter 'P' pada CodePolitan
Setelah karakter 'P' dihapus: Codeolitan

Penjelasan:

Perhatikan baris kata.erase(4,1), erase() berisi 2 parameter yaitu (4,1). Kata CodePolitan ini bisa dipecah/diakses per-karakter dengan cara mengetahui nomor indeksnya.

karakterCodePolitan
indeks012345678910

Dari tabel diatas karakter 'P' berada pada indeks ke 4. Masukkan nomor indeks tersebut kedalam erase(), menjadi kata.erase(4,1). Maka, karakter dengan nomor indeks 4 akan terhapus.

Function erase() ini bisa dikombinasikan dengan function lain seperti toupper(). Misal, menghapus karakter '+' dan mengubah karakter sebelumnya menjadi huruf kapital. Contohnya: c+oder menjadi Coder. Dan masih banyak manipulasi string lainnya.