0

0

0

share


#Insight#KelasFullstack

Reactions0 Reactions

0 Komentar

Menjelajahi React Suspense dan Concurrent Mode yuk!

Profile

Levi8 September 2023

Menjelajahi React Suspense dan Concurrent Mode yuk!

Hello Coders~! React Suspense dan Concurrent Mode adalah dua fitur terbaru dari React yang dapat membantu Anda meningkatkan kinerja aplikasi Anda. Suspense memungkinkan Anda untuk menunda render komponen sampai data yang mereka butuhkan tersedia. Concurrent Mode memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa komponen secara bersamaan, yang dapat meningkatkan responsivitas aplikasi Anda.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi React Suspense dan Concurrent Mode dan melihat bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membuat aplikasi yang lebih efisien dan responsif.

React Suspense

Suspense adalah fitur React yang memungkinkan Anda untuk menunda render komponen sampai data yang mereka butuhkan tersedia. Misalnya, jika Anda memiliki komponen yang menampilkan daftar produk, Anda dapat menggunakan Suspense untuk menunda render komponen sampai data produk tersedia dari database.

Untuk menggunakan Suspense, Anda perlu menggunakan hook useSuspense(). Hook useSuspense() menerima dua argumen:

fallback: komponen yang akan dirender sampai data yang dibutuhkan tersedia. load: fungsi yang akan dipanggil untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Berikut adalah contoh cara menggunakan Suspense untuk menunda render komponen daftar produk:

Image

Use code with caution. Learn more Dalam contoh ini, kita menggunakan Suspense untuk menunda render komponen daftar produk sampai data produk tersedia dari API. Jika data produk belum tersedia, komponen Loading akan dirender.

React Concurrent Mode

Concurrent Mode adalah fitur React yang memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa komponen secara bersamaan. Ini dapat meningkatkan responsivitas aplikasi Anda dengan memungkinkan komponen untuk render sebelum komponen lain selesai merender.

Untuk menggunakan Concurrent Mode, Anda perlu menggunakan hook useEffect() dengan opsi concurrently. Opsi concurrently memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa efek secara bersamaan.

Berikut adalah contoh cara menggunakan Concurrent Mode untuk menjalankan beberapa komponen secara bersamaan:

Image

Dalam contoh ini, kita menggunakan Concurrent Mode untuk menjalankan komponen componentA dan componentB secara bersamaan.

React Suspense dan Concurrent Mode adalah dua fitur yang kuat yang dapat membantu Anda meningkatkan kinerja aplikasi Anda. Dengan menggunakan Suspense, Anda dapat menunda render komponen sampai data yang mereka butuhkan tersedia. Dengan menggunakan Concurrent Mode, Anda dapat menjalankan beberapa komponen secara bersamaan, yang dapat meningkatkan responsivitas aplikasi Anda.

Suspense dan Concurrent Mode adalah fitur yang powerful yang dapat membantu Anda menciptakan aplikasi React yang lebih inovatif. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, Anda dapat membuat aplikasi yang lebih responsif, responsif, dan menarik.

Seperti kata pepatah, "batas hanya ada di pikiran Anda." Dengan menggunakan Suspense dan Concurrent Mode, Anda dapat menciptakan aplikasi React yang tidak terbatas.

Image

Mulailah karir Anda sebagai Fullstack Developer dari 0 sampai mahir dengan mengikuti program KelasFullstack.id! Dapatkan potongan 15% dengan kode voucher FULLSTACKHEMAT dan Kode voucher ini berlaku hingga minggu ini!

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat ya!