Micro Python, Bahasa Python untuk Pemrograman Mikrokontroller

Toni Haryanto 9 September 2014

Micro Python, Bahasa Python untuk Pemrograman Mikrokontroller

Para programmer Python kini bisa mengembangkan sayap keahliannya ke bidang hardware programming karena dengan Python sekarang kita sudah bisa memprogram mikrokontroller. Adalah Micro Python, varian dari bahasa pemrograman Python 3 yang dapat berjalan di mikrokontroller. Python selama ini dikenal sebagai bahasa pemrograman populer yang mudah dipelajari dengan penulisan sintaks yang sederhana. Dengan Micro Python Kamu bisa bikin proyek robotika Kamu dengan lebih mudah dan cepat.

Damien George pembuat Micro Python membuat varian Python tersebut dengan menulis ulang dari nol menggunakan bahasa C dengan mengimplementasikan sintaks gramatikal Python, mencakup parser, compiler, vitrual machine, runtime system, garbage collector, dan support library agar dapat berjalan pada mikroprosessor.

pyboard

Micro Python berjalan di atas Python board yang sudah dia rancang seminimal mungkin dengan mengintegrasikan processor ARM 32 bit, tepatnya ARM STM32F405 dengan clock 168MHz, flash memori 1MiB, dan 192KiB RAM. Python board tersebut sudah dilengkapi dengan slot kartu micro SD, dua buah tombol, 4 buah LED, dan 30 pin input/output, real-time clock, dan built-in accelerometer. Selain itu fitur USBnya memungkinkan kita untuk memprogram Python board sebagai perangkat antarmuka komputer kita seperti mouse, keyboard, game-pad dan lain-lain.

Kelebihan Micro Python ini, selain fiturnya yang beragam dengan ukuran yang kecil (4 cm x 3,3 cm), kode program ditulis dalam file berekstensi .py dan dapat langsung disimpan di dalam flash memory pada Python board. Proses compiling dilakukan langsung di dalam microprocessor sehingga tidak diperlukan software downloader pada PC. Hal ini sangat memudahkan proses pembuatan dan uji coba program. Selain itu, Micro Python juga dilengkapi dengan REPL (Read Evaluate Print Loop) atau interactive prompt yang memungkinkan kita untuk mengakses langsung Python board, mencoba-coba kode program dan melihat hasilnya saat itu juga.

Micro Python adalah proyek yang mendapat pendanaan melalui Kickstarter dan sudah melampaui inisiasi pendanaan sejak bulan Desember 2013. Damien menjadikan Micro Python dan Micro Python board sebagai open source software dan open source hardware di bawah lisensi MIT sehingga siapapun dapat menggunakan, memodifikasi dan memproduksi baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial. Semua resource baik itu kode maupun skema board dapat diakses di https://github.com/micropython/. Micro Python juga memiliki forum komunitas yang aktif dengan para programmer yang antusias mengembangkan dan melengkapi library yang ada untuk berbagai keperluan hardware.

Satu board dihargai 24 British Pounds atau sekitar 42 Dollars. Bagi Kamu yang tertarik atau udah lama ngebet pengen ngulik robot-robotan, Kamu dapat langsung sign up pemesanan board di websitenya http://micropython.org/ untuk produksi manufaktur periode kedua.

Sumber:

http://micropython.org/ https://www.kickstarter.com/projects/214379695/micro-python-python-for-microcontrollers http://www.infoworld.com/t/python/micro-pythons-tiny-circuits-python-variant-targets-microcontrollers-243837 http://www.wired.co.uk/news/archive/2013-12/06/micro-python

Sumber Cover Image: Freepik