CodeIgniter PHP Framework Sekarang Punya Rumah Baru

Toni Haryanto 12 Oktober 2014

CodeIgniter PHP Framework Sekarang Punya Rumah Baru

Sejak Ellislab, perusahaan pengembang framework CodeIgniter dan CMS ExpressionEngine itu mengumumkan untuk melepas kepengurusan pengembangan CodeIgniter pertengahan tahun 2013 lalu, banyak sekali pihak yang mengajukan diri untuk melanjutkan pengembangan framework PHP populer itu. CodeIgniter yang pernah dikenal sebagai framework PHP yang paling cepat dan mudah dipelajari itu memang berkembang lebih lambat dibanding framework PHP lainnya seperti Symfony dan Yii. Ellislab memutuskan untuk melepas kepengurusan CodeIgniter --setelah sebelumnya mencoba melempar pengembangan ke komunitas, dengan alasan bisnis model yang sudah tidak cocok dengan visi bisnis Ellislab.

Hingga akhirnya 6 Oktober lalu Ellislab mengumumkan kandidat terpilih diantara banyak kandidat yang mengajukan diri untuk melanjutkan pengembangan CodeIgniter. British Columbia Institute of Technology (BCIT) yang berada di Vancouver Kanada-lah yang dianggap mumpuni untuk mengemban tanggung jawab komunitas dalam melanjutkan hidup CodeIgniter. Sebagai institut teknologi utama di Kanada, mereka mempunyai 480 ribu mahasiswa dan mengajarkan CodeIgniter kepada lebih dari 150 mahasiswa setiap tahunnya. James Parry sebagai salahsatu instruktur di BCIT School of Computing and Academic Studies yang akan memimpin proyek tersebut. Dialah yang akan membangun komite kepengurusan dan menghimpun komunitas untuk bersama-sama mengembangkan CodeIgniter menjadi framework yang lebih modern.

Seperti kita ketahui CodeIgniter adalah framework PHP yang paling populer terutama di Indonesia. Berdasarkan Google Trends, kata kunci CodeIgniter menjadi yang tertinggi mengalahkan popularitas Zend Framework yang kian merosot sejak Mei 2013. Baru kemudian pada bulan Agustus 2014 popularitas Laravel --framework PHP yang muncul di pertengahan 2012 itu, mengalahkan CodeIgniter dengan kenaikan yang tajam. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh lambatnya perkembangan CodeIgniter dalam mengikuti perkembangan PHP.

Di Indonesia saja, CodeIgniter masih menjadi trend tertinggi di atas Yii, Laravel. Zend, dan Symfony. Ini menunjukkan bahwa antusiasme dan harapan programmer PHP terhadap framework CodeIgniter masih besar.

Mudah-mudahan dengan rumah barunya, CodeIgniter dapat mengejar ketertinggalan dalam hal kecanggihan dan kemudahan penggunaan. Kita tunggu gebrakan baru CodeIgniter! By the way, Kamu juga fans CodeIgniter kah?

Update 13 Oktober:

Repositori CodeIgniter di Github pun sudah resmi pindah dari asalnya https://github.com/ellislab/CodeIgniter menjadi https://github.com/bcit-ci/CodeIgniter. Bagi yang sudah jago CodeIgniter, ayo ikut berkontribusi. :)