Node.js Tools 1.0 for Visual Studio, Plugin Visual Studio Wajib Untuk Programmer Node.js

Bagus Aji Santoso 28 Maret 2015

Node.js Tools 1.0 for Visual Studio, Plugin Visual Studio Wajib Untuk Programmer Node.js

Anda pengguna Visual Studio? Berbahagialah karena Node.js Tools 1.0 for Visual Studio (NTVS) telah dirilis dan siap untuk diunduh! NTVS adalah plugin Visual Studio 2012 dan Visual Studio 2013 yang akan mengubah Visual Studio menjadi IDE Node.js. NTVS dapat digunakan di Visual Studio Community dan Visual Studio Express for Web serta Visual Studio Profesional dan yang lebih tinggi.

Semakin populernya Node.js dikalangan web developer seluruh dunia membuat Visual Studio terus mengembangkan Node.js Tools 1.0. Plugin ini tersedia secara gratis karena diliris dengan lisensi open source. Setelah dikembangkan lebih dari satu tahun, NTVS 1.0 memiliki beberapa fitur andalan yaitu:

Code completion

Fitur sebuah IDE yang paling menonjol tentu code completion. Dengan memasang NTVS kita dapat merasakan dahsyatnya code completion Visual Studio untuk Node.js. Kelebihannya lagi, code completion yang dimiliki oleh NTVS berjalan secara dinamis,artinya NTVS akan menganalisa kode yang kita tulis dan memberikan saran sintaks yang benar sesuai dengan kode-kode yang telah kita tulis.

REPL atau Interactive Window

REPL (Read Evaluate Print and Loop) adalah fitur interaktif yang dimiliki oleh Node.js yang memungkinkan kita untuk mencoba suatu kode dan mendapatkan hasil dari kode yang kita tulis secara langsung segera setelah mengetikkan kode tersebut. Dengan NTVS di Visual Studio, kita bisa menggunakan jendela REPL lengkap dengan code completion.

Integrasi dengan npm

Node.js tanpa npm itu seperti sayur tanpa garam. Oleh karena itu, NTVS memiliki jendela tambahan yang memungkinkan kita untuk mencari dan memasang paket npm dengan sangat mudah. NTVS juga akan otomatis mengunduh dependensi yang dibutuhkan oleh aplikasi yang dibuat.

Debugger dan profiler

Programmer mana sih yang selalu menulis program yang sempurna? Pasti ada saja kesalahan yang dilakukan. Entah itu kelebihan tanda kurung, kekurangan titik koma, lupa deklarasi variabel, dan lain-lain. Fitur debugger yang ada pada NTVS akan sangat membantu programmer Node.js dalam menganalisa kodenya.

API profiling V8 dimanfaatkan oleh NTVS untuk memberikan jendela analisis performa program yang dibuat. Jika dirasakan program anda lambat dan tidak sesuai dengan yang diinginkan, profiler akan membantu kita menganalisa kinerja program yang telah ditulis.

Unit testing

Dengan menggunakan Visual Studio, kita bisa membuat, menjalankan, mendebug, dan memfilter unit test tanpa harus menggunakan command prompt. Kita bisa menambahkan plugin mocha atau unit testing framework lainnya ke Visual Studio untuk memberikan kemudahan dalam mengetes program yang kita buat.

Penutup

NTVS adalah plugin yang free and open source yang dikembangkan untuk membantu programmer Node.js agar dapat bekerja lebih cepat dan efisien. Oleh karena itu jika anda ingin mencoba berkontribusi silahkan kunjungi halaman nodejstools.codeplex.com. NTVS juga memiliki forum dan akun twitter.

 

(bas/msdn)