Penemu WWW Tim Berners-Lee Memenangkan Turing Award

Hadyan Palupi 7 April 2017

Penemu WWW Tim Berners-Lee Memenangkan Turing Award

Tidak diragukan lagi, Tim Berners-Lee merupakan satu-satunya orang yang paling berpegaruh dalam masyarakat ketika membahas masalah privasi online dan transparansi. Association for Computing Machinery (ACM) memberikan penghargaan kepada beliau tersebut pada Turning Award 2016.

Sering mendapatkan penghargaan dalam dunia komputer, penghargaan kali ini diberikan kepada individual yang "paling berkontribusi penting dalam dunia komputer". Dalam pengumumannya, ACM memilihnya karena sudah menemukan World Wide Web, pembuat pertama web browser dan protokol fundamental dan algoritma yang memungkinkan web untuk terus berkembang.

Baca juga: Melihat Halaman HTML Pertama di Dunia

tim

Berners-Lee merupakan perintis dari web pada tahun 1989 di CERN, pencipta URL, HTTP dan HTML. Beliau diberi penghargaan knighthood di tahun 2003. Saat ini Berners-Lee menjadi profesor di MIT secara full time. Dalam pernyatannya Vicki L. Hanson sebagai Presiden ACM menambahkan bahwa sangatlah sulit membayangkan dunia sebelum ditemukannya World Wide Web. Berners-Lee juga menawarkan visi bagaimana tiap elemen dalam web harus berkerja sama, tambah Hanson.

Penghargaan ini didukung oleh Google dengan memberikan hadiah senilai 1 juta dollar.

Baca juga: 10 Cara Mengakses Website yang Diblokir

Berners-Lee merespon penghargaan ini dengan mangatakan bahwa dirinya merasa senang dan terhormat mendapatkan penghargaan bahwa pemikirannya memberikan buah pemikiran cemerlang untuk dunia.

Semoga para pembaca ikut termotivasi dan terinspirasi dengan hasil yang dicapai oleh Berners-Lee. Jangan lupa berikan thanks yaa :D

Sumber : WWW Inventor Tim Berners-Lee Wins $1 Million Turing Award