Perbandingan Wordpress, Drupal dan Joomla Sebagai Tools untuk Membuat Website

Kresna Galuh 26 Januari 2016

Perbandingan Wordpress, Drupal dan Joomla Sebagai Tools untuk Membuat Website

Ketika kita akan membuat website, sebagai seorang developer tentu salah satu pertanyaan yang paling mendasar untuk memulainya adalah "dengan apa kita akan membuat web?". Apakah kita akan membuatnya dari nol (scratch) dengan mesin kita sendiri atau cukup menggunakan CMS (content management system) saja. Tentu semua itu balik lagi pada kebutuhan kita dalam membuat website.

Jika kita ingin membuat website yang sangat kompleks, yang secara default tidak dihandle oleh CMS, seperti sistem informasi misalnya, maka membuatnya dari scratch sangat lebih sarankan. Tentu saja dengan membuatnya dari scratch membutuhkan waktu lebih lama. Tapi dalam pengembangannya akan lebih mudah, karena tidak harus mengikuti aturan-aturan CMS yang terkadang sangat merepotkan.

Namun jika website yang akan kita buat cukup sederhana, hanya untuk keperluan profile atau blogging, mungkin CMS bisa jadi salah satu opsi yang baik. Dengan menggunakan CMS tentu saja proses membuat web kita akan menjadi lebih cepat. Kita hanya cukup memikirkan bagaimana templating front end tanpa direpotkan lagi bagaimana membuat mesin webnya. Bahkan sekarang banyak sekali template CMS baik itu yang berbayar ataupun free yang bisa kita gunakan, sehingga proses pembuatan web menjadi sangat cepat. Sehingga kita bisa langsung fokus pada fungsi dari website yang kita buat.

Saat kita memutuskan untuk membuat website kita dengan CMS, bukan berarti masalah kita telah selesai. Biasanya akan muncul satu pertanyaan baru, yaitu "dengan CMS apa kita akan membuat website kita?". Hal itu dikarenakan banyak sekali CMS yang ada saat ini seperti Wordpress, Drupal, Joomla, PyroCMS, ExpressionEngine, TextPattern, PopojiCMS, Lokomedia CMS, PusakaCMS atau yang lainnya.

Baca juga: 7 Plugin WordPress untuk Mempermudah dalam Membuat Web

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, makeawebsitehub.com membuat sebuah info grafik untuk menjelaskan perbandingan dari 3 CMS raksasa yang paling banyak digunakan di dunia yaitu Wordpress, Drupal dan Joomla. Info grafik tersebut berisi segala hal yang perlu kita ketahui sebagai pertimbangan untuk memilih CMS di antara Wordpress, Drupal atau Joomla sebagai tools untuk membuat wesbite kita.

Mana yang lebih baik? Tentu saja, masing-masing dari CMS tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Sangat sulit memilih mana yang lebih baik, karena itu tergantung dari sudut pandang kita membandingkannya. Oke, berikut ini info grafik tentang perbandingan antara Wordpress, Drupal dan Joomla:

[caption id="attachment_7261" align="aligncenter" width="700"]Info grafik perbandingan Wordpress, Drupal dan Joomla oleh makeawebsitehub.com Info grafik perbandingan Wordpress, Drupal dan Joomla oleh makeawebsitehub.com[/caption]