0

0

0

share


#php#wanita#Event#phpindonesia

Reactions0 Reactions

0 Komentar

Peringati Hari Kartini, FemaleGeek Gelar Seminar Nasional "Women in IT"

Profile

Kresna Galuh8 April 2016

Semua sepakat bahwa sebagian besar bidang IT didominasi oleh laki-laki. Bukan cuma di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Bahkan berdasarkan survey dari Stack Overflow tahun 2016 dinyatakan bahwa 92,8% developer adalah laki-laki. Namun demikian, bukan berarti bidang IT hanya diperuntukan bagi laki-laki saja. Walaupun masih tergolong sedikit, sudah mulai banyak para wanita yang telah berkarya dalam bidang IT, sebut saja Allison Randal, sang kreator Parrot Virtual Machine, Leah Culver, Corine Yu, Sara Haider dan banyak lagi yang lainnya. Di Indonesia juga ada beberapa nama beken seperti Ollie Salsabeela, CTO NulisBuku.com dan Ken Ratri Iswari, CEO Geek Hunter.

Kendatipun tidak pernah ada issue yang menghalangi bagi kaum hawa untuk berkarya dalam bidang IT, namun masih saja ada stereotype yang mengesankan bahwa programmer, developer, software engeneer dan pekerjaan bidang IT lainnya seolah hanya milik laki-laki saja. Sehingga terkadang selalu saja ada pertanyaan menggelitik ketika seorang perempuan menekuni bidang IT "Kamu kan perempuan, kok jadi programmer? kok belajar coding?". Mungkin itulah juga yang menyebabkan mengapa jurusan IT di universitas manapun di Indonesia selalu didominasi oleh laki-laki dan perempuan hanya menjadi kaum minoritas.

Dalam rangka membuktikan bahwa kaum wanita pun bisa berkarya dan berjaya dalam bidang IT, serta untuk memperingati perjuangan Raden Ayu Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia, FemaleGeek dari PHP Indonesia, komunitas programmer PHP terbesar di Indonesia menggelar Seminar Nasional dengan tajuk "Women in IT. She Loves IT, She Developed IT".

FemaleGeek sendiri merupakan unit dari PHP Indonesia yang dibentuk pada 2 Februari 2016, beranggotakan para wanita yang menyukai teknologi dan pemrograman, khususnya PHP.

Pada seminar Women in IT tersebut FemaleGeek menghadirkan banyak pembicara yang merupakan para Pejuang Wanita Modern yang luar biasa, yaitu dari IBM Indonesia, Microsoft Indonesia, Indonesian Flight, Geek Hunter, Asosiasi Indonesian Women IT Awareness dan tentu saja FemaleGeek PHP Indonesia sendiri. Pada acara tersebut juga sekaligus akan dilaunching e-Magazine PHP Indonesia.

Diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 16 APRIL 2016 Waktu: 08.30 - 16.00 WIB Tempat: Jakarta Digital Valley, Menara Multimedia, Jl. Kebon Sirih No.10, Jakarta Pusat

Syarat dan Ketentuan;

Jika ada pertanyaan seputar acara, bisa ditanyakan melalui Facebook Group PHP Indonesia.

Info lengkap seputar acara bisa dilihat melalui poster berikut:

[caption id="attachment_8903" align="aligncenter" width="1131"]Poster Seminar Nasional, Women in IT. She Love IT, She Developed IT Poster Seminar Nasional, Women in IT. She Love IT, She Developed IT[/caption]