PostgreSQL Rilis Versi 10

Bagus Aji Santoso 6 Oktober 2017

PostgreSQL Rilis Versi 10

PostgreSQL merupakan sebuah object-relational database management system (ORDBMS) yang open source. PostgreSQL ini telah aktif dikembangkan selama lebih dari 15 tahun sehingga menghasilkan produk DBMS yang memiliki reputasi akan keandalan, integritas data, dan ketepatannya.

Pada tanggal 5 Oktober lalu, PostgreSQL Global Development Group mengumumkan rilis PostgreSQL 10, versi paling mutakhir dari sistem database open source paling canggih didunia ini.

Fitur penting yang disisipkan ke rilis yang baru diantaranya adalah kemampuan untuk mendistribusikan data di banyak node supaya memiliki akses, manajemen, dan analisis yang lebih cepat. PostgreSQL 10 juga dirilis dengan peningkatan cukup signifikan pada fitur logical replication, declarative table partitioning, dan query parallelism.

"Komunitas developer kami fokus pada membangun fitur-fitur yang dapat memanfaatkan infrastruktur modern untuk mendistribusikan beban kerja," ujar Magnus Hagander, anggota tim inti dari PostgreSQL Global Development Group. "Fitur seperti logical replication dan query parallelism yang telah ditingkatkan menunjukkan kerja keras selama bertahun-tahun dan mendemonstrasikan dedikasi komunitas yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa kepemimpinan di Postgres akan terus membawanya berevolusi mengikuti perkembangan teknologi."

Link