Bisa Node.js? Jawab Tantangan Ini dan Dapatkan Hadiah Smartphone

CodePolitan 23 Agustus 2016

Bisa Node.js? Jawab Tantangan Ini dan Dapatkan Hadiah Smartphone

ProblemSet dari CodePolitan adalah tantangan yang diselenggarakan untuk menguji kemampuan (skill) programmer dalam teknologi tertentu. Setiap ProblemSet yang diadakan oleh CodePolitan telah didesain sedemikian rupa untuk menguji kemampuan dasar yang sesuai dengan kebutuhan industri. Selain itu CodePolitan menyediakan reward bagi submission ProblemSet terbaik selama masa campaign awal berlangsung.

Tantangan ProblemSet kali ini adalah tentang NodeJS dasar. Kamu dapat mengikuti ProblemSet ini untuk menguji sejauh mana kemampuan dasarmu di dalam pemrograman NodeJS dapat diterima oleh perusahaan.

ProblemSet NodeJS ini diselenggarakan oleh Pixel House Studio. Pixel House Studio merupakan sebuah perusahaan di Bandung yang bergerak di bidang creative digital technology, multimedia dan internet marketing yang didirikan sejak 2010 oleh Bramantya Farid Prakosa, seorang pakar digital marketing yang merupakan owner dari SimpleIMMentor.id. Lebih lengkap tentang Pixel House Studio, suasana kerja, dan penawaran hiring dapat disimak pada artikel Mengenal Perusahaan Creative Digital Asal Bandung, Pixel House Studio.

ProblemSet ini diselenggarakan sebagai bagian dari tahapan hiring programmer NodeJS oleh Pixel House Studio. ProblemSet ini menjadi syarat pertama yang harus dilalui applier untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang dimaksud. Adapun peserta yang belum berminat untuk apply job tetap dipersilakan untuk berpartisipasi mengikuti ProblemSet ini.

Baca Juga: Dapatkan Harddisk External 2TB dengan Menjawab Tantangan Python Ini

Kriteria Utama

Peserta diminta untuk membuat backend aplikasi managemen kontak (contact management) sederhana berbasis REST API dengan ExpressJS dan MongoDB. Semua kriteria di bawah ini adalah kriteria yang wajib ada pada aplikasi.
  • Database menggunakan collections berikut: name, title, email, phone, address, company
  • Menerapkan HTTP Basic Auth pada setiap request
  • Output berupa response berformat json pada setiap request
  • API melayani request select, insert, edit, dan delete data kontak

Kriteria Opsional

Peserta dapat menambahkan satu atau lebih dari kriteria opsional di bawah ini untuk mendapatkan poin nilai tambahan.
  • Membuat single page application dari backend API yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan HTML, CSS serta menerapkan js framework seperti AngularJS atau VueJS
  • Menambahkan field lain di luar yang mandatory, atau membuat mekanisme input yang lebih fleksibel
  • Satu kontak dapat memuat lebih dari satu data phone, email dan address
  • Menampilkan pencarian kontak berdasarkan name, email, phone, address, dan company
  • Template single page application aplikasi bersifat responsive

Hadiah

hadiah-nodejs

CodePolitan menyediakan 10 buah T-Shirt NodeJS, Smartphone Lenovo Vibe P1M, dan Seagate Backup Plus Slim 1TB, dengan komposisi pembagian hadiah seperti berikut:

  • 10 submission terbaik dari total submission akan mendapatkan NodeJS T-Shirt
  • 1 submisssion terbaik pertama dari job applier akan mendapatkan Smartphone Lenovo Vibe P1M
  • 1 submisssion terbaik kedua dari job applier akan mendapatkan Seagate Backup Plus Slim 1TB
Catatan: Hadiah utama Smartphone dan External Harddisk hanya diberikan kepada peserta dengan submission terbaik yang juga apply job sebagai NodeJS programmer di Pixel House Studio.

Submission

Source code aplikasi disimpan di dalam repositori privat di Gitlab. URL repositori kemudian disubmit pada form di bawah ini. Peserta boleh membuat repositori privat dan initial commit terlebih dahulu. Peserta dapat mengupdate source code sesering mungkin selama masa kompetisi dan tim penilai hanya menilai update terakhir setelah hari kompetisi berakhir, yakni tanggal 22 September 2016.

Kemudian pada repositori privat yang telah dibuat tambahkan member ahmadoriza[at]gmail.com dengan role Reporter, agar dari tim kami dapat melihat dan menilai kode yang disubmit.

Bagi peserta yang akan apply job, jangan lupa untuk memilih "Ya" pada kolom "Apply for Job" dan mengirimkan URL untuk akses dokumen berisi CV dan portfolio atau tautan profil LinkedIn pada kolom "URL CV/Portfolio". Lebih lengkap tentang penawaran hiring menarik dari Pixel House Studio dapat dilihat pada artikel Mengenal Perusahaan Creative Digital Asal Bandung, Pixel House Studio.

Submission telah ditutup