Python Event Calendar, Daftarkan Kegiatan Komunitas Python Kamu

Bagus Aji Santoso 19 Januari 2015

Python Event Calendar, Daftarkan Kegiatan Komunitas Python Kamu

Sebagian dari pembaca mungkin sudah pernah ada yang tahu bahwa Python Software Foundation (PSF) memiliki sekelompok orang yang mengurus kalender berisi even-even Python. Ada dua kalender utama yang dapat diakses, yaitu situs http://pycon.org/ dan situs https://python.org/ yang terdiri atas https://www.python.org/events/python-events/ dan https://www.python.org/events/python-user-group/.

Karena kalender-kalender ini dibuat dengan Google Calendar, maka kita bisa berlangganan menggunakan aplikasi seperti iCal dan Thunderbird maupun dengan RSS Feed dan bahkan memasang kalender tersebut ke blog kita sendiri melalui fasilitas embed. Jika anda pengguna twitter, jangan lupa untuk mem-follow akun resmi @PythonEvents untuk mendapatkan informasi even-even terbaru.

Even-even yang berada di daftar situs http://www.pycon.org/ dan https://www.python.org/events/python-events/ merupakan even-even yang besar dan resmi yang berhubungan dengan Python (seperti PyCon di Amerika Serikat, Euro Python di Eropa, Kiwi PyCon di Selandia Baru, dan even-even lainnya).

Sedangkan untuk even-even yang lebih kecil dan diselenggarakan oleh user group lokal (seperti kopdar-kopdar Python ID), PSF menyediakan https://www.python.org/events/python-user-group/ untuk menyimpan daftar kegiatan yang akan diselenggarakan oleh komunitas-komunitas Python diseluruh dunia termasuk di Indonesia.

Detail bagaimana cara untuk menambahkan even kedalam kalender resmi dari PSF dapat anda lihat di laman https://wiki.python.org/moin/PythonEventsCalendar#Submitting_an_Event. Jangan mau kalah dengan komunitas Python negara lain, ayo kita ramaikan Python Event Calendar dengan kegiatan-kegiatan komunitas Python di Indonesia.

Catatan: Jika anda merupakan pengurus komunitas Python di daerah anda atau mengenal seseorang yang menjalankan komunitas Python, jangan lupa untuk menyebarkan informasi ini ya agar kegiatan komunitas Python di Indonesia semakin aktif.

 

(bas/pycon/python/pyfound)