PyVideo, Situs Indeks Video Python Terlengkap

Bagus Aji Santoso 1 Januari 2015

PyVideo, Situs Indeks Video Python Terlengkap

Kalau anda seorang programmer yang hobi ngulik Python, maka anda harus mencoba salah satu situs yang mendedikasikan diri sebagai situs peng-indeks video tentang Python yang tersebar di internet, PyVideo.

Python merupakan bahasa pemrograman yang diklaim simple and powerful. Kesederhanaan bahasa ini membuatnya populer dikalangan programmer pemula maupun programmer yang sudah berpengalaman. Karena sifatnya yang open source Python memiliki komunitas yang sangat besar di dunia. Banyak komunitas yang setiap tahunnya menyelenggarakan konferensi-konferensi yang membahas teknologi terbaru, tips dan trik, tutorial, implementasi Python untuk riset, implementasi Python untuk pendidikan, dan implementasi Python dibidang lainnya.

Konferensi yang paling terkenal tentu Python Conference. Python Conference atau disingkat dengan PyCon diselenggarakan setiap tahun di kota-kota besar di dunia. Programmer-programmer dari seluruh dunia datang keacara ini. Ditahun 2015 Pycon akan diselenggarakan di kota Montreal, Kanda pada tanggal 8 - 16 April. Biasanya disetiap konferensi, panitia selalu merekam setiap pembicara yang sedang presentasi untuk kemudian diupload keberbagai situs berbagi video seperti Youtube, Vimeo, atau situs-situs lainnya. Tak hanya PyCon yang selalu membagikan video rekaman saat konferensi. Berbagai konferensi lain seperti DjangoCon, Kiwi PyCon, PyCon AU, PyCon, EU, dll. juga ikut membagikan video rekaman mereka. Menonton video rekaman yang dibagikan ini tentu akan sangat bermanfaat bagi kita untuk dapat memperoleh informasi terkini tentang implementasi Python di lapangan. Namun saking banyaknya komunitas yang membagikan video rekaman tersebut, mungkin akan membingungkan sebagian orang untuk mencari video yang ia inginkan. Inilah yang melatarbelakangi dibuatnya situs pyvideo.org.

PyVideo

PyVideo dijalankan oleh Sheila Miguez dan Will Khan-Greene. SItus ini dikembangkan dengan aplikasi richard, aplikasi yang digunakan untuk membuat situs indeks video. Richard dapat anda akses di github.com. Disitus PyVideo anda dapat menemukan video rekaman konferensi dari berbagai komunitas Python di dunia. Situs ini terus diperbarui secara berkala agar penggunanya dapat menonton rekaman video konferensi terbaru.

Baca juga: 5 Modul Python yang Wajib Anda Coba

Jika anda membuka situs PyVideo, anda akan dihadapkan dengan antarmuka yang sangat sederhana. Di antarmuka ini anda akan menemukan adanya menu bagian Latest videos dan Latest categories.

Latest Videos

Bagian Latest videos hanya akan menampilkan 10 video terakhir yang ditambahkan. Untuk mencari video yang sesuai dengan keinginan, pengguna harus mencari video dengan kata kunci tertentu. Pencarian dapat dilakukan dengan menekan menu Search all videos.

Apabila anda tidak tahu ingin menonton video yang membahas bahasan tertentu maka anda dapat melihat semua video yang direkaman disalah satu kegiatan konferensi. Untuk mengaksesnya, klik tombol See all categories atau langsung mengakses alamat http://pyvideo.org/category.

See all categories

Dihalaman Categories, kita akan disuguhkan beragam kegiatan konferensi yang videonya terindeks oleh PyVideo. Ada juga beberapa konferensi yang membagikan video rekaman dari tahun-tahun sebelumnya.

Categories

Untuk melihat video yang diselenggarakan disalah satu kegiatan konferensi, klik di salah satu konferensi yang diinginkan. Disini saya memilih acara PyCon Australia 2014.

PyCon AU 2014

Setelah berada dibagian konferensi pilihan anda, pilih salah satu video yang ingin ditonton. Anda akan dibawa kehalaman video bersangkutan.

Baca juga: Situs-situs Populer yang Dibuat dengan Django

Tom Eastman

Perlu diingat bahwa PyVideo hanyalah situs yang mengindeks video-video Python. Situs ini tidak menyimpan video Python di server mereka. Sebagian besar video yang ada disimpan di Youtube. Namun dapat juga ada video yang disimpan diluar Youtube.

Jika anda tidak ada acara dilibur tahun baru bersama keluarga, pacar, atau teman-teman, mungkin menonton video Python akan menjadi hiburan yang menambah wawasan.