Raspberry Pi Zero, Ludes Terjual Dalam Waktu Kurang dari 24 Jam

Bagus Aji Santoso 29 November 2015

Raspberry Pi Zero, Ludes Terjual Dalam Waktu Kurang dari 24 Jam

Sudah tahu kan kabar rilis komputer mini seharga US$5, Raspberry Pi Zero? Jika belum coba deh cek tulisan Codepolitan tentang komputer mini ini. Raspberry Pi paling murah yang dijual seharga US$5 ini ternyata sangat disambut dengan baik. Raspberry Pi Foundation melaporkan sekitar 20.000 Pi Zero telah terjual habis. Selain 20.000 Pi Zero yang dijual terpisah, 10.000 Pi Zero yang dibundel bersama MagPi Magazine turut habis.

Besarnya antusiasme akan produk baru Raspberry Pi ini membuat Eben Upton, founder Raspberry Pi Foundation takjub. "You'd think we'd be used to it by now, but we're always amazed by the level of interest in new Raspberry Pi products (Anda dapat mengira kami telah terbiasa (memiliki produk yang dinantikan) hingga sekarang, namun kami selalu takjub dengan tingginya minat pada produk Raspberry Pi yang baru)", ujarnya.

Saat ini hanya ada dua pilihan untuk mendapatkan Pi Zero, pertama dengan berlangganan majalah MagPi selama 6 bulan seharga $70 atau dengan membeli dari calo-calo di eBay. Eben Upton menyarankan pengguna untuk menanti stok baru daripada membeli dari eBay karena harganya yang tidak masuk akal. Bayangkan, majalah MagPi yang harga aslinya hanya £30 dijual seharga £50 - £99 atau dua hingga tiga kali lipat harga asli.

Menanti Pi Zero tiba di Indonesia sepertinya harus menunggu lebih lama. Lain halnya jika pembaca telah memesan terlebih dahulu, mungkin dapat lebih cepat ngoprek si mini.

(bas/arstechnica)