Rilis Versi Mayor Terbaru Node.js V6, Empat Kali Lebih Cepat dari Versi Sebelumnya

Ridwan Fajar 7 Mei 2016

Rilis Versi Mayor Terbaru Node.js V6, Empat Kali Lebih Cepat dari Versi Sebelumnya

Setelah 6 bulan berlalu sejak rilis v5.0.0, Node.js Foundation mengabarkan berita gembira bahwasanya Node.js v6 sudah tersedia dan siap digunakan!

Versi mayor terbaru ini memberikan sejumlah perbaikan di performance, reliability, usability, dan keamanan. Module loading hampir lebih cepat empat kali lipat dibandingkan Node.js v4. Pengujian dan dokumentasi pun mendapatkan sejumlah peningkatan penting. Usability dari API buffer dan file system pun sudah ditingkatkan, dan sekarang Node.js mendukung 93% fitur bahasa EcmaScript 6, terima kasih untuk V8 versi 5.0.

Mengacu kepada rencana kami dengan long term support, Node.js v4 'Argon' akan dilanjutkan kembali dukunganya sebagai active long term support hingga April 2016 mendatang, setelah itu akan beralih kepada fase yang kami sebut dengan maintenance LTS. Branch baru Node.js v6 akan menjadi active long term support di Oktober tahun ini, dan akan terus didukung hingga April 2018. Jika rencana LTS terdengar baru bagi Anda, silahkan baca kembali ketentuan terbaru ini di https://medium.com/@nodesource/essential-steps-long-term-support-for-node-js-8ecf7514dbd#.z6bzdfogi.

Baca juga: 7 Aplikasi Populer Yang Memanfaatkan Node JS Sebagai Basis Sistem

Node.js v5 tetap akan didukung hingga dua bulan kedepan untuk memberi jeda waktu kepada developer yang menggunakan v5 untuk berpindah ke v6. Sedangkan versi 0.10 dan v 0.12 sudah wajib bagi Anda untuk pindah ke v4 atau v6. Kedua versi lawas tersebut akan masuk dalam maintenance mode dan dukungannya akan berhenti di tahun ini.

Berikut ini adalah sedikit tips untk memilih versi Node.js mana yang sebaiknya digunakan:

  • Tetaplah pada versi saat ini atau upgrade ke versi v4.4.3 jika menginginkan stabilitas dan bila sudah terlanjur memiliki production environment yang sangat kompleks
  • Upgrade ke v6 jika mempunyai kesempatan dan kemampuan untuk upgrade untuk bermain dengan fitur - fitur terbaru
Catatan rilis lengkap dapat Anda kunjungi di Catatan Rilis Node.js v6.0.0. Dan berikut ini adalah beberapa catatan rilis versi Node.js lainnya: (rfs/nodejs)