Tinggalkan MongoDB, Amazon Rilis Database Baru

Bagus Aji Santoso 16 Januari 2019

Tinggalkan MongoDB, Amazon Rilis Database Baru

Baru-baru ini Amazon merilis database baru yang kompatibel dengan API MongoDB. Langkah ini diambil oleh Amazon karena MongoDB berusaha untuk membuat Amazon membayar aplikasi open source mereka.

DocumentDB, nama database yang dirilis untuk menggantikan MongoDB di sistem mereka dideskripsikan sebagai sebuah database "yang cepat, scalable, dan layanan database berbasis dokumen yang dapat di kelola penuh dan kompatibel dengan mendukung API MongoDB... (database) ini di desain agar kompatibel dengan aplikasi dan tools yang sudha menggunakan MongoDB."

Alasan yang diberikan oleh Amazon tentang mengapa mereka merilis database sendiri ialah karena pelanggan kesulitan mengelola database MongoDB yang kompleks dan memakan tempat hingga ber-Tera-Terabyte. DocumentDB mengimplementasi API MongoDB 3.6 yang berlisensi Apache 2.0 dan meniru respons yang ditunggu oleh client dari sebuah server MongoDB sehingga pengguna tetap bisa menggunakan driver MongoDB yang ada namun mengganti server databasenya dengan DocumentDB.

Bagaimana menurut kamu langkah yang diambil oleh Amazon ini?

*Sumber: [aws.amazon.com](https://aws.amazon.com/blogs/aws/new-amazon-documentdb-with-mongodb-compatibility-fast-scalable-and-highly-available/) & [i-programmer](https://www.i-programmer.info/news/80-java/12458-amazon-ditches-mongodb-launches-rival.html)*