Unity Mulai Meninggalkan Unityscript

cepi prayoga 22 Agustus 2017

Unity Mulai Meninggalkan Unityscript

Apa itu UnityScript?

UnityScript adalah sebuah fitur scripting game engine yang dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework.
UnityScript sendiri didukung oleh kode dan sintaks ECMAScript, C#, atau Boo yang dikembangkan oleh pihak Unity Developer Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debuging scripting, namun sepertinya kita harus berpisah dengan fitur ini.

Kapan kemunculan UnityScript?

Bahasa UnityScript pertama kali muncul di saat Unity aplikasi masih menginjak versi 1.0. UnityScript merupakan bahasa pemrograman yang sangat mirip dengan bahasa JavaScript, karena kemiripannya UnityScript sendiri ber-ekstensi .js, banyak orang menyebut UnityScript adalah JavaScript walau keduanya berbeda. UnityScript merupakan bahasa pemrograman alternatif yang bisa digunakan selain bahasa C#.

Status UnityScript saat ini?

Berdasarkan info terbaru pada tanggal 11 Agustus 2017, Richard Fine mengumumkan beberapa pertimbangan terkait penarikan fitur UnityScript, namun hal ini tidak serta merta membuat pihak unity menonaktifkan fitur tersebut secara keseluruhan. Pada implementasinya pihak Unity tidak akan menerima kiriman Asset Store yang berisi kode UnityScript. Pihak Unity juga memberikan waktu pada developer game yang memilik program UnityScript pada Asset Store untuk mengonversikan program yang telah dibuat kedalam bahasa pemrograman C#. Dari berita yang dirilis oleh Unity melalui artikel berikut dapat disimpulkan bahwa Status fitur UnityScript saat ini ditutup oleh pihak developer secara bertahap, kini pihak Unity membangun versi beta Unity 2017.2 dimana opsi Javascript dihapus dalam upaya untuk mencegah pengguna baru membuat file UnityScript baru. didalam unity versi terbaru terdapat converter UnityScript ke C# untuk membantu Developer lainya. Belum ada tanggal resmi aplikasi itu, namun perusahaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya berharap dapat memilikinya pada saat 2017.2 secara resmi **diluncurkan akhir tahun ini. **

Kenapa Unity meninggalkan UnityScript?

Alasan pihak Unity Developer meninggalkan UnityScript dijelaskan oleh Richard Fine sebagai mana halnya perubahan ke arah lebih baik dimana pihak Unity Developer sedang mengembangkan suatu API dan bahasa yang paling tepat digunakan. Karena pihak Unity Developer merasa bahwa perpindahan antara UnityScript dan C# sangat diperlukan, bagaimana tidak berdasarkan data aktual, penggunaan UnityScript hanya sebanyak 14,6% dan menyisakan 85,4% dari semua proyek yang seluruhnya ada di C#, tanpa file UnityScript sama sekali. sebenarnya masih banyak alasan lainya yang menjadi pertimbangan pihak Unity Developer sendiri, anda dapat membacanya di sini. Dikutip dari Unity Developer kurang lebih seperti ini, "Apa yang disarankan oleh kami adalah mayoritas dari Anda yang masih memiliki kode UnityScript untuk tidak menggunakannya. Anda bahkan mungkin tidak secara aktif menggunakannya sama sekali (file .js) dalam proyek. dan juga bukan kode yang benar-benar Anda gunakan, oleh karena itu, langkah awal dalam rencana menghilangkan fitur ini kami mulai bekerja dengan Asset Store untuk menyingkirkan paket yang menyediakan file-file ini."

Antisipasi pihak Unity pada Developer lain yang terlanjur memiliki Project di Asset Store?

Pihak Unity Developer sendiri berencana menyediakan Converter UnityScript sebagai ganti pencabutan fitur UnityScript pada aplikasi Unity 2017.2 Beta, teman-teman developer bisa mengonversi script bersifat UnityScript ke C# karena pada versi Unity 2017.2 Beta pengguna tidak akan bisa menggunakan fitur UnityScript. Selain itu Unity Developer berusaha memindai semua paket atau project di Asset Store untuk menemukan file yang berisi file UnityScript, dan akan menghubungi Developer terkait untuk meminta mereka mengkonversi kode mereka ke C#.

Kesimpulan

Jadi untuk teman-teman yang memiliki Project berisikan UnityScript pada Asset Store jangan khawatir karena terdapat solusi yaitu dengan mengonversi UnityScript kita, Pihak Unity Developer sendiri memberikan waktu dan melihat perkembangan masa transisi atas penarikan fitur UnityScript apakah akan berdampak besar pada masa perpindahan atau tidak untuk Developer lainya, namun dalam hal ini dapat dipastikan pada versi aplikasi Unity 2017.2 fitur ini akan dihillangkan pada proses dokumentasi dll.

Bagaimana Tanggapan kalian?

Silahkan Komen di kolom komentar. Terimakasih.

Referensi : unity3d

gamasutra

idevangelist