Woz, Aktor Dibalik Lahirnya Apple Computer

Kresna Galuh 17 Oktober 2014

Woz, Aktor Dibalik Lahirnya Apple Computer

Semua orang tahu Steve Jobs adalah adalah aktor besar dibalik kejayaan Apple Computer. Dengan ide-idenya yang brilian dan tidak biasa dia mampu menghadirkan produk-produk yang sangat digandrungi dunia bahkan mencatatkan namanya sebagai salah seorang yang sangat berpengaruh dalam dunia ini, terutama dalam hal teknologi. Tapi jika kita beranggapan bahwa Jobs melakukan itu sendirian, dan Apple ada hanya karena Jobs, itu adalah sesuatu yang sangat keliru dan perlu untuk diluruskan. Steve Wozniak adalah tokoh besar lain disamping Jobs yang membuat Apple bisa seperti sekarang. Kali ini bersama CodePolitan kita akan mencoba untuk mengenal lebih dalam sosok Steve Wozniak atau yang biasa dikenal dengan Woz.

Steve Wozniak memiliki nama asli Stephan Gary Wozniak, memiliki nama panggilan (The) Woz atau Wizard of Woz. Lahir pada tanggal 11 Agustus 1950, di San Jose, California. Woz merupakan putra dari Margaret Elaine (Kern) dan Jacob Francis "Jerry" Wozniak.

Jauh sebelum petualangannya bersama Jobs dimulai dalam mendirikan Apple Computer, Woz sudah merupakan seorang electronics engineer. Woz sangat menyukai elektronik dan dia adalah orang yang sangat terobsesi dengan komputer.

Pada tahun 1975, Steve Wozniak bekerja di Hewlett-Packard. Woz bekerja untuk mendesain video game untuk Atari. Dari penghasilannya tersebut Woz membeli sebuah komputer sederhana salah satu produk dari Call Computer pimpinan Alex Kamradt. Dari situlah keinginan untuk membuat komputer sendiri Woz mulai tumbuh.

Woz dan Jobs kemudian dipertemukan, karena keduanya tertarik pada bidang yang sama yaitu elektronik. Maka pada tahun 1976 Jobs dan Woz mulai mendirikan perusahaannya sendiri yang bernama Apple Computer. Salah satu sumbangsih paling nyata Woz untuk Apple Computer adalah dua buah rancangan komputer karyanya, yaitu Apple I dan Apple II. Dan itu merupakan produk pertama Apple Computer yang memulai petualangan luar biasanya bersama Jobs. Dan karena Apple I dan Apple II inilah kemudian Steve Wozniak dianggap sebagai pelopor dari masuknya komputer ke dalam kehidupan rumah pribadi.

Apple I (Apple-1), dengan tampilan yang masih sangat sederhana dan berbahan kayu. Merupakan cikal bakal dari kejayaan Apple. Produk Apple pertama ini pertama kali ditunjukkan ke publik pada April 1976 di Homebrew Computer Club di Palo Alto, California dan mulai dijual pada Juli 1976 dengan harga $ 666.66.

Apple II (Apple-2) mulai diperkenalkan pada tahun 1977. Dengan tampilan yang lebih elegan dan sudah berbahan metal, Apple II merupakan produk pertama Apple Computer yang sangat sukses dan laku keras. Apple II ini telah mendukung Graphic, Bahasa BASIC, Visical (dengan Excel sebagai jendelanya), dan dilengkapi dengan game Oregon Trail. Apple II ini juga dilengkapi dengan twin floppy disk drive dan monitor. Apple II juga memiliki fitur yang terintegrasi keyboard, suara, plastik kasus, dan delapan internal slot ekspansi.

Pada bulan Januari 2007, Woz meluncurkan sebuah buku yang berjudul iWoz (ISBN: 0393061434), yang isinya merupakan perjalanan hidup dan kariernya.

Sumber: http://www.woz.org/ http://en.wikipedia.org/wiki/Steve_Wozniak http://www.foundersatwork.com/steve-wozniak.html http://www.theguardian.com/technology/2014/jul/08/steve-wozniakr-steve-jobs-apple http://kolom-biografi.blogspot.com/2010/05/biografi-steve-wozniak-pendiri-apple.html