BONUS Kalender 2020 Unyu! Setiap Transaksi di CODEPOLITAN Klaim Promo
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Cara Cepat Buka Sublime 3 Text dari Command Line / Git-Bash di Windows

Ditulis oleh yonsantiyon, dipublikasi pada 27 Aug 2017 dalam kategori Tutorial
Cara Cepat Buka Sublime 3 Text dari Command Line / Git-Bash di Windows - CodePolitan.com

Pendahuluan

Sebelum tutorial dimulai, saya ingin sedikit bercerita kepada teman-teman mengapa saya membuat tutorial dengan nama "Cara Cepat Buka Sublime Text 3 dari Command Line / Git-Bash di Windows". Ketika saya mulai belajar pemrograman melalui video tutorial, saya melihat terdapat langkah cepat untuk membuka Sublime Text 3 melalui Command-Line ataupun Git-Bash. Saya coba sesuai dengan video tersebut ternyata tidak bisa alias "command not found" pada Git-Bash seperti gambar dibawah ini:

command subl pada git-bash tidak ditemukan

Setelah saya menelusuri di internet dengan keyword menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, baik berupa artikel maupun video di Youtube akhirnya saya menemukan cara tersebut sesuai dengan video tutorial, sehingga saya bisa melanjutkan video tutorial tersebut hingga akhir, yeey ^^ (Senangnya).

1. Pemasangan

Siapkan software pada komputer atau laptop teman-teman sebagai berikut:

Bagi yang sudah terpasang software diatas, silahkan lewati tutorial ini.

2. Salin alamat Sublime Text 3

cpoy address sublime

Buka Windows Explorer dengan cara tekan Windows + E pada keyboard. Kemudian buka partisi system yaitu Local Disk (C:), buka folder Program Files, buka folder Sublime Text 3. Setelah masuk pada folder sublime, arahkan cursor pada Address Bar Windows Explorer yang berada diatas, lalu block alamat tersebut untuk dicopy. Lakukan seperti gambar diatas dan hasilnya nanti seperti ini: C:\Program Files\Sublime Text 3

3. Buka Environment Variables

run sysdm.cpl

Tekan Windows + R pada keyboard untuk menampilkan Form Run seperti gambar diatas, kemudian ketikan sysdm.cpl untuk membuka Form System Properties dengan cepat.

environment variable

Setelah masuk pada Form System Properties, pilih menu Advanced, kemudian tekan button Environment Variables.

4. Tambahkan variabel

add variable

Klik button New untuk menambahkan variabel pada group box System variables. Beri nama variabel dengan nama "SUBLIME" pada form input Variable name dan paste alamat yang sudah di-copy sebelumnya pada form input Variable value dengan alamat "C:\Program Files\Sublime Text" 3. Setelah terisi semua, klik OK.

edit path

Kemudian cari variabel dengan nama "PATH" pada group box User variable for Personal. Setelah ketemu, pilih variabel tersebut kemudian klik button Edit... untuk memperbarui data. Perbarui data pada form input Variable value dengan menambahkan (;) semicolon terlebih dahulu, kemudian ketik nama variabel yang dibuat sebelumnya dengan nama SUBLIME. Jangan lupa tambahkan tanda (%) percent pada SUBLIME, sehingga menjadi %SUBLIME%. Bila sudah selesai, klik OK.

klik button ok

Klik OK untuk menutup form Environment Variables.

5. Pengujian

  • Membuka Sublime Text 3 menggunakan Git-Bash.

subl git-bash

Buka Git-bash, kemudian ketikan subl

open sublime

Teks editor Sublime Text 3 tampil menyatakan Berhasil ^^.

  • Membuka Sublime Text 3 menggunakan Command-Line.

subl cmd

Buka Command-Line, kemudian ketikan subl

open sublime

Teks editor Sublime Text 3 tampil menyatakan Berhasil ^^.

  • Buka form Run, kemudian ketikan subl

subl run

open sublime

Teks editor Sublime Text 3 tampil menyatakan Berhasil ^^.

6. Tambahan

Bila teman-teman ingin membuka Sublime Text 3 sesuai dengan nama file atau nama folder, maka format penulisannya seperti:

subl file_name atau subl folder_name

Namun, bila teman-teman ingin membuka lembar baru pada Sublime Text 3, maka format penulisannya seperti:

subl file_name --add atau subl folder_name --add

Alhamdulillah tutorial ini selesai, saya berharap teman-teman yang sudah terlanjur membuka atau membaca halaman ini dapat memberikan masukan berupa komentar di bawah ini, berbagi informasi kepada teman-teman, ataupun usul tutorial.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi teman-teman yang sudah berkunjung pada halaman ini, Terima kasih dan semoga berkunjung kembali.


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP