Contoh Referensi Aplikasi dan Game Berbasis Web Terbaik yang Menerapkan PWA

Teknologi web semakin berkembang dan dari tahun ke tahun selalu ada saja rilis versi terbaru kerangka kerja (framework) serta pustaka (library) pendukung kinerja para pemrogram web. Hal ini tentu berkat adanya dukungan komunitas yang kuat dan pemberdayaan individu.

Tahun ini di 2017, Javascript berkembang semakin pesat, progressive web apps masuk ke tingkat yang lebih lanjut dan mozilla rilis firefox yang mendukung WebAssembly. Semakin banyak pengembang yang membangun aplikasi dan game dengan standar teknologi web.

Untuk lokal sendiri kita bisa melihat contoh pada Tokopedia, yaitu salah satu situs e-commerce terkenal dan Rolling Stone Indonesia portal berita seputar musik. Dimana mereka telah mengembangkan teknologi mobile web dengan standar progressive web app.

Untuk luar sendiri kita bisa mengambil contoh dari flipkart, situs e-commerce terbesar di india dan Telegram, aplikasi sosial/obrolan yang banyak digunakan saat ini juga menggunakan teknologi PWA. Demo Tanks adalah contoh game yang menggunakan teknologi web assembly meskipun baru sekadar demo.

Aplikasi dan game web diatas hanyalah sedikit contoh dari banyaknya aplikasi/game yang menggunakan teknologi web. Berikut adalah 15 Aplikasi dan Game Web PWA layak kunjung :

1 Freelancer


Freelancer adalah salah satu situs daring terbesar untuk para pekerja lepas yang ingin mencari pekerjaan dan juga sebaliknya untuk perusahaan yang mencari pekerja.

2 Bulk Resize


Merubah ukuran foto tanpa perlu mengunggah ke server.

3 Homecrowd


Khusus untuk penggemar sepakbola. Membuat formasi sebelum bermain, lalu memberi rating pemain setelah selesai bermain.

4 Simple Compass Web App


Aplikasi compass sederhana yang bisa beroperasi secara offline.

5 Usecubes


Membuat model 3D pada browser, suatu ide yang sangat cemerlang. Aplikasi yang sangat selaras dengan seni pixel dan voxel. Model yang telah dibuat sketsa nantinya akan diaplikasikan kedalam bentuk gambar kotak-kotak dadu. Setelah selesai nantinya sebagai user kita bisa mendapatkan hasil yang nyata dari seni pixel serupa lego. Tentunya aplikasi seperti ini lebih nyaman digunakan pada desktop atau laptop.

6 Duolingo


Duolingo dikembangkan dengan progressive web app. Adalah salah satu aplikasi terbaik untuk belajar berbagai bahasa asing.

7 Gitter


Adalah aplikasi pesan instan dan ruang obrolan untuk para programmer dan pengguna repo github.

8 Podle


Podle adalah layanan podcast streaming yang memungkinkan untuk mencari dan memutar podcast pada browser. Dibangun oleh Samsung Internet Dev Real Team.

9 Guitar Tuner


Aplikasi penyetel gitar, bagus sekali untuk yang baru belajar cara menyetel gitar, meski tidak selalu akurat untuk semua gitar dan senar.

10 Geometric Race


Adiktif dan menyenangkan. Game sederhana dan ringan ini akan menantang kecepatan untuk mengambil score guna menambah kecepatan dan menghindari hambatan.

11 Little Alchemy


Semacam permainan kimia yang mengkombinasikan berbagai macam elemen.

12 Premi HackerNews


Tampilan yang cukup sederhana untuk mobile dan desktop.

13 Yandex Mail


Layanan email yang disediakan oleh yandex ini menggunakan teknologi PWA didukung desain sederhana dan berjalan sangat lancar pada mobile.

14 DevSpace


Pantau informasi dan update aktifitas dari programmer pengguna github di seluruh Dunia hampir secara real time.

15 The Outline


Diluncurkan oleh Joshua Topolsky mantan editor bloomberg. The Outline adalah situs berita dan artikel online. Ketika mengunjungi situs ini, seakan-akan the outline memberikan kesan pertama dan pesan bahwa mereka telah sedikit merevolusi dunia web desain. Padu padan warna dengan desain hipster ditambah konten yang menarik dan penempatan iklan yang tidak mengganggu. Menjadikan the outline sangat ramah untuk para pembaca.

Demikian beberapa aplikasi/game web yang menerapkan PWA. Semoga bisa menginspirasi teman-teman programmer untuk membuat web menjadi lebih baik.

Catatan : Kata "terbaik" disini tentu berdasarkan "terms" relatif tanpa memberikan peringkat tertentu. Setiap orang punya pendapat dan daftar nya masing-masing. Lebih dari itu daftar ini dipilih berdasarkan teknologi yang lebih mendekati dengan pakem PWA, desain antarmuka, dan manfaat yang diberikan kepada pengguna.

Sumber:

cover: http://blog.ionic.io

Dilihat 3043 kali

Is this helpful?

Share This Post