waktu tersisa untuk klaim Potongan harga Rp 300.000 dalam program Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Damien Katz, Bapak Database NoSQL CouchDB

Ditulis oleh Ridwan Fajar, dipublikasi pada 09 May 2016 dalam kategori Tokoh
Damien Katz, Bapak Database NoSQL CouchDB - CodePolitan.com

CouchDB merupakan salah satu database NoSQL berbasis dokumen yang masuk dalam pembinaan Apache Foundation. Bersama dengan Cassandra, Hadoop, Tomcat, Lucene, CouchDB tinggal serumah dalam dunia open source. Salah satu database NoSQL yang memiliki konsep sama dengan CouchDB adalah MongoDB. CouchDB juga menjadi salah satu pionir database NoSQL sebelum digandrungi oleh developer di masa kini. CouchDB dibangun menggunakan bahasa pemrograman Erlang yang mengandalkan pada reliabilitas dan konkurensi. CouchDB juga menjadi salah satu basis dalam pengembangan IBM Cloudant, sebuah solusi database berbasis cloud yang ditawarkan IBM kepada enterprise.

Damien memulai karirnya sebagai developer yang membangun Lotus Notes dan Lotus Domino bersama Iris Associates sebelum diakuisisi IBM. Kemudian turut bergabung juga dalam pengembangan MySQL. Mulai dikerjakan pada April 2005, Damien membuat CouchDB menjadi salah satu proyek teratas Apache Foundation di tahun 2008, sampai pada tahun 2009 dia mendirikan sebuah perusahaan bernama CouchOne. Couch pada CouchDB sendiri merupakan singkatan dari cluster of unreliable commodity hardware. CouchDB memiliki sebuah perangkat administrasi yang bernama Futon dan memiliki user interface yang sangat bersih dan sederhana namun sangat membantu developer untuk melakukan operasi database. Selain itu CouchDB menggunakan Javascript untuk melakukan proses query dan operasi database lainnya.

[caption id="attachment_9627" align="aligncenter" width="350"]Damien Katz, pencipta CouchDB, pendiri CouchOune dan CouchBase Damien Katz, pencipta CouchDB, pendiri CouchOune dan CouchBase[/caption]

Baca juga: 9 Database Manager Gratis yang Bisa Kamu Coba

Kini Damien menggeluti karirnya sebagai konsultan yang menangani big data dan sistem terdistribusi. Beberapa teknologi yang ditawarkannya antara lain Erlang, Apache CouchDB, Couchbase Server, MySQL, dan Lotus Notes. Damien juga pernah menjadi seorang software engineer di Kubi Software (2002 - 2004) yang mengembangkan sebuah collaboration tool yang akan menjadi add-on untuk Lotus Notes dan Microsoft Outlook. Selain itu pernah menjadi software architect di Salesforce di sekitar tahun 2014. Karirnya bersama CouchDB menempatkan Damien menjadi CTO di CouchBase (2011 - 2013) dan CEO di CouchOne (2009 - 2011).

Saat ini Damien telah menelurkan dua buah solusi berbasis CouchDB. Versi open source tersedia CouchDB yang dikelola oleh Apache Foundation dan untuk versi enterprise tersedia CouchBase versi enterprise dan community yang dikelola Damien dan timnya. Beberapa tahun terakhir, Damien memilih fokus pada pengembangan CouchBase walaupun masih tetap menaruh perhatian terhadap CouchDB. Tujuan yang ingin dia capai adalah ketersediaan untuk ranah enterprise yang membutuhkan cluster database handal namun tetap cepat untuk beroperasi. Anda dapat mengikuti terus informasi terbaru dari Damien Katz di:

(rfs/linkedin/wikipedia/erlangsolutions/damienkatz)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP