Distro Hacking Kali Linux Kini Bisa Dipakai di Windows 10 Tanpa Virtual Machine

Kali Linux, salah satu distro paling populer untuk hacking yang dikembangkan dan di-maintain oleh Offensive Security. Offensive Security merupakan penyedia layanan penetration testing dan pelatihan dibidang keamanan informasi. Microsoft bekerjasama dengan Offensive Security membawa Kali Linux ke Windows App Store.

Kali Linux masuk ke dalam Windows App Store sebagai salah satu Windows 10 Subsystem for Linux (WSL), diperkenalkan pada awal Maret 2018 lalu. Penambahan Kali Linux sebagai salah satu WSL membuat pengguna Windows bisa memanfaat aplikasi-aplikasi hacking tanpa harus memasang Kali secara manual. Cukup dengan beberapa kali klik, sistem Kali bisa dipanggil dari dalam Windows 10.

Dengan masuknya Kali Linux sebagai salah satu WSL, kini kita bisa menggunakan distro Linux khusus hacking ini tanpa perlu melakukan dual boot ataupun menggunakan Virtual Machine semacam VirtualBox atau VMWare.

Memasang Kali di Windows 10

Jika pembaca ingin mencoba memasang Kali di Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut:

Perbarui sistem Windows 10. Buka jendela PowerShell dan pasang Windows Subsystem for Linux dengan kode di bawah ini. Lakukan restart setelah selesai.

Enable-WindowsOptionalFeature -Online -FeatureName Microsoft-Windows-Subsystem-Linux

Setelah melakukan restart, jalankan perintah berikut untuk memasang environment dasar Ubuntu. Environment ini akan menjadi fondasi bagi sistem Kali kita.

lxrun /install

Selanjutnya, kita akan menggunakan WSL Switcher, mengunduh dasar sistem Kali dan mengekstraknya:

git clone https://github.com/RoliSoft/WSL-Distribution-Switcher.git
cd WSL-Distribution-Switcher
python get-prebuilt.py kalilinux/kali-linux-docker
python install.py rootfs_kalilinux_kali-linux-docker_latest.tar.gz
lxrun /setdefaultuser root

Sekarang Kali Linux sudah siap di pakai dari dalam Windows 10. Kita bisa berinteraksi dengan sistem Kali menggunakan bash. Berikut video tutorial dari Kali Linux (Vimeo).

Sumber: microsoft, kali

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post