Film dan Drama Tentang Hacking/Programming

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 09 Nov 2017 dalam kategori Info
Film dan Drama Tentang Hacking/Programming - CodePolitan.com

Sebagai seorang programmer/developer kita menghabiskan sebagian besar waktu duduk di depan komputer untuk ngoding. Kegiatan ini kita lakukan hampir setiap hari. Karena programmer juga manusia biasa, pasti akan ada suatu masa saat rasa jenuh muncul. Saat kejenuhan ini muncul biasanya kita akan merasa kurang bergairah dan bila dibiarkan berlama-lama rasa jenuh ini dapat menurunkan produktifitas.

Untuk mengembalikan semangat ada banyak hal yang dapat kita lakukan dan salah satu yang paling mudah dan murah ialah dengan menonton film apalagi jika film tersebut membahas tentang dunia programming/hacking.

Tidak semua film bertema hacking/programming menggambarkan dunia yang sebenarnya. Sebagian besar hanya menampilkan sosok super jenius yang dengan kekuatan otaknya dapat melakukan klak klik kluk klok, dan tiba-tiba jebol deh pertahanan sebuah instansi. Meski banyak fiksinya, menonton film bertema hacking/programming menurut penulis cukup ampuh mengurangi rasa jenuh saat ngoding.

Kali ini penulis akan berbagi kumpulan film atau drama bertema hacking/programming yang cukup menarik untuk ditonton.

6 Hal yang Bisa Kamu Lakuin Supaya Coding-mu Nggak Membosankan

Film

The Social Network (2010)

Film ini bercertai tentang kehidupan Mark Zuckenberg di Harvard saat membuat Facebook. film ini cukup populer dan memperoleh rating 7.7 di IMDb. Mark diperankan oleh Jesse Eisenburg.

The Immitation Game (2014)

Film ini menceritakan kehidupan seorang ahli matematika bernama Alan Turing yang membantu Inggris memecahkan kode Enigma yang digunakan oleh Nazi Jerman. Mengikuti perjalanan Alan Turing dalam membantu memecahkan kode Enigma amat seru, teman-teman penulis yang bukan anak IT pun sangat menyukai film ini (sebagian suka karena Benedict Cumberbatch sih).

Revolution OS (2001)

Film ini merupakan dokumenter yang menceritakan gerakan open source. Di dalam film dokumenter ini kita akan melihat sosok-sosok yang pasti pembaca pernah mendengar namanya seperti Richard Stallman, Linus Torvalds, dan Eric S. Raymond. Buat pembaca Codepolitan yang tertarik dengan dunia open source, film ini perlu ditonton!

The Matrix (1999)

Siapa sih yang ga kenal The Matrix? Film ini sangat lah populer dan dapat menginspirasi penontonnya untuk mempelajari komputer lebih jauh. Bahkan ada yang bilang film ini sebagai film science fiction terbaik yang pernah diproduksi.

TPB AFK: The Pirate Bay Away from Keyboard (2013)

Film dokumenter ini wajib ditonton karena mengisahkan tentang tiga orang manusia yang paling dibenci oleh Hollywood. Ketiga orang ini merupakan orang-orang yang berada dibalik situs torrent terbesar didunia (dimasa keemasannya), The Pirate Bay.

Meskipun didistribusikan secara gratis di bawah lisensi Creative Commons, namun jangan menganggap bahwa konten maupun kualitas film ini murahan. Tata cara pengambilan gambar hingga penyusunan scene dilakukan secara profesional dan tidak kalah dengan dokumenter produksi National Geographic.

Takedown (2003)

Film ini diangkat dari kisah salah seorang hacker paling legendaris di dunia, Kevin Mitnick. Si Kevin ini diceritakan mampu membobol hampir semua jenis sistem dan kelihaiannya dalam melakukan hacking ini membantunya bersembunyi dari kejaran FBI.

The Internet's Own Boy: The Story of Aaron Swartz (2014)

Filmini merupakan dokumenter biografi tentang Aaron Swartz. Aaron merupakan seorang programmer, penulis, politikus, dan aktivis internet. Di dunia pemrograman Aaron Swartz membantu mengembangkan protokol RSS juga membantu membangun situs Reddit.

Pirates of Silicon Valley (1999)

Film jadul yang satu ini penulis yakin pembaca pernah menontonnya. Inti cerita film ini merupakan kisah bagaimana dua manusia bernama Steve Jobs (Apple) dan Bill Gates (Microsoft) membangun bisnisnya hingga menjadi raksasa seperti sekarang ini.

IndieGame The Movie (2012)

Satu lagi film dokumenter yang mengisahkan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh developer game indie Super Meat Boy, Fez, dan Braid. Film yang cocok untuk ditonton bagi pembaca yang menyukai game development.

Zero Days (2016)

Film dokumenter Zero Days membahas fenomena malware Stuxnet yang menyerang pangkalan nuklir Iran dan diyakini merupakan hasil kerjasama Israel dan Amerika.

Drama

Mr. Robot (2015)

Mr. Robot merupakan drama tentang seorang programmer muda bernama Elliot yang bekerja sebagai cyber-security engineer di siang hari dan berubah menjadi hacker jenius setelah matahari terbenam. Suatu hari ia direkrut oleh kelompok hacker besar untuk membantu menumpaskan perusahaan korporasi Amerika yang mana salah satu anak perusahaannya merupakan tempat Elliot bekerja. Elliot harus yang diceritakan yang Drama yang season ketiganya sedang tayang ini cukup populer

Silicon Valley (2014)

Drama Silicon Valley merupakan salah satu drama yang juga cukup populer dikalangan programmer. Drama ini mengisahkan perjuangan lima anak muda dalam membangun startup di Silicon Valley. Cocok untuk programmer yang juga tertarik di dunia startup.

Bloody Monday (2008)

Kalau belum pernah nonton drama ini, anda sungguh terrrlalu. Drama keren asal Jepang ini sungguh memiliki cerita yang seru sekali untuk diikuti. Takagi Fujimaru (Falcon) harus berpetualang mengungkapkan organisasi teroris jahat yang ingin melepaskan senjata berbahaya di tengah Tokyo dan membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah.

Ghost / Phantom

Drama Ghost/Phantom ini merupakan drama Korea yang menceritakan seorang hacker hebat yang mencoba mengungkapkan kasus bunuh diri seorang artis cantik dan dan menemukan penyusup yang ada di tim cycber kepolisian Korea.

Penutup

Tentunya masih banyak film atau drama lain dengan tema hacking/programming. Jika pembaca pernah menonton dan ingin merekomendasikan salah satu film untuk ditambahkan di sini jangan sungkan utnuk mention di kolom komentar ya.



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.