Format Kode Python Secara Otomatis di Sublime Text

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling rewel untuk urusan kerapihan kode, khususnya indentasi. Meski begitu, adakalanya kita menyalin kode dari tempat lain dan berakhir dengan kode yang kacau. Daripada mengatur kode-kode tersebut secara manual, lebih baik gunakan formatter yang biasanya ada di text editor. Sublime Text misalnya, ada sebuah package bernama sublime_black yang akan memformat kode-kode Python secara otomatis.

Agar bisa memakai package sublime_black, kita harus terlebih dahulu memasang black. Package sublime_black hanya antarmuka yang menjembatani antara black dengan Sublime agar kode yang ditulis bisa langsung diformat secara otomatis tanpa keluar editor. Memasang black sangat mudah, cukup eksekusi perintah:

$ pip install black

Black membutuhkan Python 3.6.0+ agar bisa dipasang, namun bisa dipakai juga untuk memformat kode Python 2.

Setelah black terpasang, sekarang tambahkan sublime_black dengan mengunduhnya ke folder Packages lalu restart SublimeText.

$ git clone https://github.com/csurfer/sublime_black

Perhatikan bahwa perintah di atas harus dieksekusi di folder Packages SulimeText. Untuk melihat dimana letak folder tersebut, klik menu Preferences > Browse Packages.

Untuk saat ini sublime_black belum bisa dipasang lewat package control karena baru diunggah pada tanggal 1 Mei. Dalam beberapa hari kedepan seharusnya sudah bisa dipasang langsung lewat CTRL + SHIFT + P, Package Control: Install Package.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post